-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pemandian lubuak hijau koto bangko

                Pemandian Lubuak hijau ternyata namanya lubuak payuak
area pemandian foto rifki A
Kecamatan sungai geringging terletak pada kordinat 0.33’00” lintang selatan dan 100.07’00” bujur timur. Tinggi kecamatan sungai geringging 25-1000 meter diatas permukaan laut. Luas kecamatan ini 99,35 kilometer persegi. Wisata di sungai geringging: Kalau kita berbicara wisata tidak ada habisnya katanya ada banyak wisata alami disana. Kini kita melihat wisata pemandian lubuak hijau, pemandian ini dialiri oleh sungai yang membentang hingga ke kecamatan sungai limau. Sebenarnya lubuak hijau telah dipakai puluhan tahun oleh warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari namun warga sekitar tidak mempopulerkan pada kalayak ramai. 

Sebelum populer warga sekitar menamakannya sebagai lubuak payuak (periuk) karena ada disatu titik pemandian lubuak itu dahulunya memiliki pusaran air yang bisa memutar siapa yang mandi disana.

Satu tahun belakangan ini lubuak payuak ramai dikunjungi oleh warga lokal maupun warga yang datang dari luar kecamatan itu sendiri setiap harinya ada puluhan hingga ratusan pengunjung yang datang kesana, karena airnya berwarna kehijauan maka pengunjunglah yang memberi nama lubuak hijau.
salah satu spot lubuak hijau
Untuk akses ke lubuak hijau ini dari rumah warga terdekat kita mesti jalan kaki puluhan meter menyusuri air sungai yang sangat jernih terletak di korong padek nagari sungai sirah kuranji hulu kecamatan sungai geringging kabupaten padang pariaman sumatra barat.  

Bagi pengunjung yang menggunakan sepeda motor yang ingin ke lubuak hijau disana ada parkiran yang dijaga oleh pemuda setempat dengan tarif Rp2.000 per sepeda motor uang yang didapat juga nanti akan digunakan untuk menjaga kelestarian tempat tersebut.

Bagi pengunjung juga belilah makanan atau minuman di Warung-warung warga disekitar lokasi agar menjadi pendapatan tambahan untuk mereka, disana ada warga yang menjual minuman berbagai cemilan gorengan seperti goreng pisang goreng bakwan yang harganya hanya Rp1.000, ada tea hangat maupun kopi hangat yang harganya juga relatif murah Rp3.000 segelasnya. Ada banyak lagi hal yang belum diceritakan sayang jika lubuak hijau ini untuk dilewatkan dan tidak dipromosikan oleh pemerintah setempat. [ac]
Share This Article :
1745663973787222366

Tabek Mandi Sikabu–Kolam Renang Menyuguhkan Keindahan Alam diKaki Gunung Marapi

Piamanexplore- Tabek Mandi Sikabu adalah salah satu tempat wisata yang berada di Sumatera Barat. Terletak di Kabupaten Agam, tempat ini terk...