-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Hiking ke air terjun rimbo tatutuik/rimbo kalam bersama pemuda DKR pramuka 030517

 Hiking ke air terjun rimbo tatutuik/rimbo kalam 

Bersama pemuda dan DKR pramuka kec IV koto aur malintang

Air terjun rimbo kalam atau sering juga disebut air terjun rimbo tatutuik ini terletak di korong rimbo sianok kampuang tanjuang nagari III koto aur malintang selatan kecamatan IV koto aur malintang kabupaten padang pariaman. Secara geografis daerah ini banyak bukit lembah dan air terjun salah satunya adalah air terjun rimbo tatutuik (tertutup), kenapa namanya tatutuik karena memang ketika sampai dilokasi air terjun ini ditutupi oleh bukit yang menjulang tinggi disamping kiri dan kanannya.


Perjalanan menyusuri air terjun ini sudah direncanakan beberapa minggu lalu pada pagi hari keberangkatan hujan turun dengan derasnya hingga kami dan rombongan membatalkan niat untuk berangkat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kawasan air terjun rimbo tatutuik merupakan salah satu air terjun tertinggi di kabupaten padang pariaman. Dari rumah warga terdekat dengan menyusuri jalan setapak 1,5 jam hingga 2 jam berjalan kaki anda akan sampai ke air terjun rimbo tatutuik.

 

Bersama pemuda aciak Joni, serta adik-adik DKR pramuka 030517 gerakan pramuka kecamatan IV koto aur malintang yang di ketua oleh Andika ardiansyah perjalanan berjalan kaki dimulai pada pukul 10 wib. Memulai perjalanan mendaki bukit menyusuri jalan disisi kebun jagung warga yang terhampar hingga puncak bukit. Dari atas bukit anda akan disuguhi pemandangan luas lautan terlihat dari atas bahkan pulau-pulau yang terhampar pada lautan lepas. 

Andika ketua DKR pramuka 030517 bersama Yulia anggota DKR

Di sepanjang perjalanan anda akan disuguhi oleh rahasia keindahan alam berupa pemandangan hutan lebat perbukitan disisi jalan setapak yang dilalui lembah curam disisi lainnya bebatuan yang cukup besar yang dilalui ketika hampir sampai. Air Sungai yang mengalir di bawah air terjun ini dimanfaatkan langsung oleh warga setempat dipergunakan sebaik-baiknya untuk keperluan sehari-hari, ini terlihat adanya pipa air PAMSIMAS yang mangaliri air sungai tersebut ke rumah-rumah warga. Air ini bisa langsung diminum Bagi warga yang berkebun atau wisatawan kehausan disepanjang perjalanan, ketika berkunjung ke air terjun ini ada beberapa titik lobang kecil pada pipa yang ditancapi kayu yang membentang kiloan meter tersebut sengaja dibuat warga agar mudah dimanfaatkan, caranya cabut saja kayu kecil yang menancap pada pipa maka air akan menyembur dari dalamnya jika selesai jangan lupa tancapkan kembali kayu penutup lobang air pipa tersebut. Air nya enak dingin dan segar. 

hutan rimbo kalam rimbo sianok
 

Air terjun rimbo tatutuik ini memang tersembunyi lokasinya penduduk sekitar kawasan pun banyak yang belum menjamahnya akses ketika memulai berjalan kaki menuju air terjun belum tergarap dengan rapi padahal air terjun ini menarik untuk dikunjungi.

Akses menuju air terjun rimbo tatutuik: dari kota pariaman jaraknya kurang lebih 20 km ke arah kecamatan IV koto aur malintang. Sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua ketika pergi mengunjungi air terjun ini karena nyaris tidak ada area parkir untuk kendaraan roda empat saat ini disana.

Sayang sepertinya lokasi air terjun ini kurang mendapat perhatian oleh pemerintah karena tidak adanya plang nama yang terpampang menuju lokasi sehingga tak ada informasi wisata yang didapat menuju air terjun yang indah ini. Meski air terjun ini terpencil dan terisolir namun wajib dikunjungi bagi para petualang!

istirahat di tengah perjalanan
 

Saran untuk pemerintah terkait: mestinya ada posko informasi baik untuk pendaftaran dipintu masuk bagi sesiapa saja yang hendak berkunjung ke air terjun rimbo tatutuik ini, dan hendak adanya gazebo atau tempat peristirahatan di tengah perjalanan.

Adapun harapan dari adik-adik DKR pramuka 030517 gerakan pramuka IV koto aur malintang pada air terjun rimbo tatutuik ini:

  • 1.       Memberikan akses jalan yang baik dan jelas ketika memulai perjalanan menyusuri air terjun rimbo tatutuik.
  • 2.       Mendudung dan memfasilitasi objek wisata ini agar dikenal dalam media promosi objek wisata.
  • 3.       Berharap adanya kunjungan oleh pemerintah terkait pada air terjun ini agar lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas.

Tips ke air tejun rimbo tatutuik:

  • 1.       Berangkatlah pagi hari agar bisa tiba dilokasi siang hari mengingat perjalanan membutuhkan waktu agak lama.
  • 2.       Hindari waktu berkunjung pada musim hujan, karena menghindari jalan licin berbatu.
  • 3.       Bawalah minuman, makanan kecil bahkan bawalah nasi agar dapat dinikmati bersama teman ketika sudah sampai lokasi.

Persiapan dan perlengkapan yang dibawa: pakaian yang nyaman, jas hujan/jaket/sweater, pakaian ganti, gunakan alas kaki yang kuat sepatu atau sendal hiking/kets dan tidak licin, topi, air minum, cemilan dan kamera.

Untuk informasi bagi yang ingin berkunjung hubungi:

  • 1.       Andika ardiansyah ketua DKR pramuka. cp. 082391305967
  • 2.       Joni pemuda setempat cp. 085376283089

Andika mengatakan seiring dengan pepatah minang “rancak nagari dek panghulu, elok musajik dek tuangku, rancak tapian dek nan mudo-mudo”

Mari bersama-sama menyaksikan keindahan air terjun rimbo tatutuik.

spot air terjun

Share This Article :
1745663973787222366

Menyelami Keindahan Potensi Wisata Embung Sungai Talang Di Nagari Pilubang

Piamanexplore- Piamanexplore.com-Berawal dari postingan kak Eri kepala sekolah di sebuah SD di korong duku kecamatan sungai limau kabupaten ...