-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Wisata Pantai CERMIN antara Kata dan Gandoriah

Wisata Pantai Cermin

landscape di pantai cermin

Kita Indonesia sering menyingkat kata atau menggabungkan satu kata dengan kata lainnya, banyak nama tempat dan kawasan yang merupakan kependekan dari beberapa kata. Pantai cermin merupakan penggabungan dua kata yaitu dari kata cemara mini, nah dikawasan pantai cermin inilah kita berada.

Pantai cermin secara fisik cukup landai warna pasirnya kuning gading tanpa lumpur. Selain itu ombak yang ada juga tidak begitu besar. Pohon pinus, pohon cemara dan pohon kelapa banyak ditemukan dipantai ini. Fasilitas di pantai cermin ini sudah memadai dan relatif aman, dilokasi ini terdapat istana permainan anak-anak, seluncuran untuk anak-anak, gazebo, taman trek untuk sepatu roda dan taman anas malik.

Untuk makanan dilokasi ini banyak rumah makan yang cukup representatif yang menyediakan menu khas gulai kepala ikan serta berbagai aneka jenis ikan laut lainnya. Banyak pedagang berjualan aneka makanan dan minuman diseputaran pantai sebagian besar kios berada dipasir pantai. Nyaris setiap hari warung makan dikiri dan kanan jalan pantai cermin menyediakan aneka jenis kuliner gulai kepala ikan, goreng cumi, goreng udang, gulai jariang dan banyak pula panganan khas pariaman yakni sala lauak yang dijajakan berkeliling atau dilapak-lapak penjual makanan disepanjang pantai ini.

Pantai cermin tak hanya objek wisata pantai tapi juga dijadikan arena olahraga untuk acara tahunan seperti sepak bola pantai yang sudah dimulai sejak tahun 2004. Event ini diadakan dan dirintis oleh para pemuda desa karan aur. Terkadang arena pantai juga dijadikan sebagai lokasi outbond.

Taman Anas Malik

lansdcape taman Anas Malik
Taman anas malik didedikasikan buat mantan Bupati padang pariaman 1980-1990 yang legendaris hingga sekarang. Kolonel Anas malik adalah tokoh daerah yang menjadi prototipe seorang pemimpin yang berhasil mengemban amanah dan merakyat di padang pariaman.

Dulu ditaman ini  banyak sekali keluarga bersantai disini saya sering setiap pekan sengaja bermain disini bersantai membawa keluarga makan langkitang, pensi minum kelapa muda disini dan memesan berbagai makanan ditaman ini. Ditaman ini tempatnya sejuk banyak batang pohon lokasinya asyik buat anak dipantai taman ini rekomended buat wisata keluarga, kantor, perusahaan sekolahan ataupun mahasiswa juga terdapat rumah pohon, ayunan kayu, perosotan untuk mendukung anak-anak bermain ditaman dipinggir pantai ini. Ditaman Anas malik keluarga dimanjakan dengan hammock/ayunan kain dan lazybag/kasur angin yang banyak disewakan pedagang dengan harga sewa Rp20.000, pokoknya taman ini asyik berasa milik kita keluarga sendiri.

Anas malik berubah sekarang semenjak di pagari dari luar bukan tak boleh masuk tapi ada beberapa titik pintu pagar buat para pengunjung untuk masuk. Semenjak diberi pagar taman ini berasa pengap tak terbuka seperti dulu sepi tak ada niat lagi untuk singgah disini seakan keindahannya juga ikut pergi bersamaan pagar ini berdiri. Sebagian diujung taman sudah menjadi kafe.  

semoga ditahun baru 2021 wisata kita semakin baik aman, nyaman dan bersih.

 

#ayo kepariaman

Share This Article :
1745663973787222366

Mengungkap Kehidupan Sehari-hari Nelayan di Pantai Pasir Baru Nagari Pilubang Padang Pariaman

Piamanexplore- Nelayan di pantai Pasir Baru tidak hanya berjuang melawan samudra dalam pencarian ikan, tetapi juga melawan waktu. Dalam ar...