-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Berwisata mengunjungi melihat rumah budaya tabuik pasa pariaman di karan aur

rumah tabuik pasa dilihat dari depan
 

Piamanexplore.com-Rumah berbentuk panggung atau rumah tabuik pasa ini berada di jalan Syekh Burhanuddin kelurahan karan aur kecamatan pariaman tengah sumatra barat. Sangat mudah mendatangi lokasi ini, rumah ini terlihat menonjol dibanding bangunan lainnya. Saat tanggal 1-10 muharam tiba, rumah ini digunakan untuk pembuatan tabuik, yaitu perwujudan dari seekor buroq yang membawa jasad Husein bin Ali terbang ke angkasa dan menghilang. Terbagi dalam dua bagian, tabuik terbuat dari bambu dan rotan yang dihiasi dengan kain beludru berwarna hitam dan merah. Sebelum diarak kepantai gandoriah, tabuik terlebih dahulu dibuat dan dirangkai didalam bangunan yang dinamakan rumah tabuik pasa dan rumah tabuik subarang.

Rumah tabuik terbuat dari kayu yang berbentuk rumah panggung meniru gaya rumah tradisional masyarakat pesisir pariaman dan diresmikan pada tanggal 9 april 2011 oleh dirjen pengembangan destinasi pariwisata.

Masing-masing rumah tabuik memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai pembuatan tabuik dan museum tabuik. Setiap tahunnya, bagian atas tabuik yang berbentuk menara dengan hiasan warna-warni dibuat pada salah satu rumah tabuik, sedangkan bagian bawahnya yang berbentuk kuda bersayap dan berkepala manusia melambangkan buroq dibangun dirumah tabuik lainnya. Sebagai museum, rumah tabuik mendokumentasikan foto-foto perayaan tabuik dari masa lampau mulai dari tahun 1920 hingga tahun-tahun berikutnya.

tampak ruang tengah

Rumah tabuik pasa ini ternyata tidak saja di fungsikan sebagai pembuatan tabuik atau museum saja tapi juga dimanfaatkan untuk kegiatan sosial lainnya rumah ini juga menjadi tempat sekretariat bagi, Rumah lansia sehat sentosa, ruang kreatifitas anak, bundo kanduang kota pariaman dan pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak.

Apa saja sa yang terdapat di komplek area rumah tabuik pasa ini:

Di komplek area rumah tabuik pasa ini  terdapat

  1. Area parkir                                                                                              
  2. Daraga                                                          
  3. Ruang terbuka hijau (tempat membuat tabuik)  
  4. Rumah tabuik (museum)                                    
  5. Pujasera 
  6. Souvenir shop
  7. Wisma wisata
  8. Musholla                                                        
  9. medan nan bapaneh
  10. Akses dari pantai cermin

salah satu sudut ruangan

Pak Arifnaldi sebagai pengelola taman rumah tabuik pasa yang terletak di karan aur ini mempersilahkan bagi siapa saja wisatawan yang ingin berkunjung kerumah budaya tabuik pasa karena akhir-akhir ini pintu rumah ini selalu dibuka untuk umum agar menambah pengetahuan tentang budaya piaman. Pak Arifnaldi mengatakan rumah ini baru beberapa hari ini dibuka sudah mulai banyak yang datang berkunjung mulai dari mahasiswa maupun masyarakat umum lainnya. Untuk sementara rumah tabuik ini katanya akan dibuka pada hari senen hingga jumat dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore yang pasti pengunjung tidak dipungut biaya.

tampak halaman depan

 

Sekedar informasi, didalam maupun di area rumah tabuik pasa adalah tempatnya sangat asyik untuk berswafoto. Yuk berkunjung kerumah tabuik.

 

Share This Article :
1745663973787222366

Rohana Kuddus Srikandi Islam Wanita Minang Sahabat Pena R.A Kartini

Piamanexplore- Setiap tanggal 21 April, bangsa Indonesia memperingati hari Kartini. Mengapa Kartini yang lebih dikenang padahal banyak perem...