-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Hiking ke wisata minat khusus air terjun Nyarai hutan gamaran sang juara EOCA (Eouropean outdoor conservation assosiation) di Lubuk alung Kabupaten Padang Pariaman Sumatra Barat

Hiking ke wisata minat khusus air terjun Nyarai hutan gamaran sang juara EOCA

spot air terjun lubuak nyarai
Tidakkah anda tertarik? Keindahan yang memukau karunia yang sempurna ada di sepanjang hutan gamaran. Keindahannya bak lukisan mahakarya sang pencipta yang sengaja didatangkan dari syurga ialah lubuak nyarai itu.

Air terjun lubuak nyarai terletak dipedalaman hutan gamaran jorong gamaran, korong salibutan kecamatan lubuk alung kabupaten padang pariaman sumatra barat indonesia. Mahakarya sang pencipta ini terbentuk secara alami air terjun nyarai yang berasal dari anak sungai nyarai ini jatuh dibawah telaga.

Aliran air diatur seperti bendungan dengan dua batu besar. Pancaran sinar matahari yang menembus dedaunan dan ganggang hijau yang berada disekitar telaga, membuat telaga nyarai semakin eksotis dengan warna hijaunya. Jenis kegiatan yang dilakukan selama ini adalah trekking, yaitu dengan jalan kaki menjelajah hutan gamaran menuju air terjun nyarai. Ada beberapa kegiatan yang bisa anda lakukan disini yaitu camping, bird watching dan spear fishing.

air terjun nyarai
Perjalanan ditempuh selama lebih kurang 2 jam berjalan kaki ini pun tergantung bagaimana cara anda menikmatinya. Dengan jarak tempuh 5,5 km sembari melihat pemandangan alam yang eksotis dan berbagai macam flora dan fauna. Jenis kegiatan kedua adalah camping,

pengunjung bisa camping kebeberapa lubuak yang di syaratkan aman oleh pengelola. Diantaranya camping dilokasi air terjun nyarai, di tepian lubuak kasai, di tepian sikayan tabiang, dan diatas lubuak batu tuduang. Setiap pengunjung didampingi pemandu wisata dengan jumlah antara 2 hingga 5 oranag akan didampingi oleh satu pemandu wisata jika lebih dari 10 orang biasanya akan dipandu oleh dua orang pemandu. Akses kelokasi lubuak nyarai kalo kita dari padang berjarak 30 km, akses kelokasi dari lubuk alung 15 km.

aliran air sungai 
Informasi medan dan jalur tempuh: ada sebelas titik yang akan pengunjung lewati diantaranya dari posko>lubuak lalang>lubuak ngungun>lubuak batu tuduang>lubuak sikayan limau>lubuak sikayan tabiang>lubuak pasangkuhan>lubuak kasai ketek>nyeberang sungai>lubuak kasai gadang dan terakhir air terjun nyarai. 

·         Tanjakan kemiringan <25’ sebanyak 4X

·         Tanjakan kemiringan <45’ sebanyak 2X

·         Ketinggian nyarai 568 MDPL

·         Jarak tempuh 5,5 km (V.GPS)

·         Waktu tempuh lebih kurang 2 jam

·    Menyeberang sungai 1X jika tidak memungkinkan untuk menyeberang sungai maka yang akan dilewati jalur alternatif

·         Tanjakan <45’ 4X (jalur alternatif).

lubuak batu tuduang 
SOP/standart operasional prosedur bagi pengunjung nyarai:

·         Bawa bekal secukupnya

·         Gunakan sepatu gunung atau sendal gunung

·         Dilarang membawa miras dan narkoba

·         Buanglah sampah pada tempatnya

·         Bawalah pakaian ganti

·         Dilarang mencoret batu

·         Dilarang memakai bikini

·         Dilarang mandi bagi yang tidak bisa berenang

·         Istirahat dahulu sebelum mandi dan berenang

HTM (harga ticket masuk): setiap pengunjung diwajibkan membeli ticket 1 orang Rp30.000 minimal untuk 5 orang jadi total Rp150.000. jika pengunjung kurang dari 5 orang maka biaya yang akan dikeluarkan tetap Rp150.000.


Tidakkah anda tertarik? Keindahan yang memukau karunia yang sempurna ada di sepanjang hutan gamaran. Keindahannya bak lukisan mahakarya sang pencipta yang sengaja didatangkan dari syurga.





#Piaman aja

 

Share This Article :

Click here for comments 2 komentar:

1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...