-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pantai pasir baru melihat aktifitas nelayan di nagari pilubang kecamatan sungai limau kabupaten padang pariaman

 Pantai pasir baru melihat aktifitas nelayan

anak-anak tampak bermain di perahu nelayan

Piamanexplore.com Kali ini piaman explore berada di Pantai pasir baru sebenarnya bukan kawasan wisata tapi lebih tepatnya kampung nelayan karena sebagian besar mata pencaharian warga disini adalah melaut menangkap ikan. Pantai pasir baru terletak di korong pasir baru kenagarian pilubang kecamatan sungai limau kabupaten padang pariaman. Berbatasan langsung dengan muara pasir baru sekolah SUPM yang memisahkan antara kabupaten dan kota pariaman.

Bagi teman-teman yang hobi travelling pantai pasir baru layak anda kunjungi. Dulunya pantai ini banyak ditumbuhi pohon pinus tapi beberapa dekade pohon-pohon pinus tak seberapa yang tersisa disebabkan abrasi pantai yang terjadi ber ulang-ulang sehingga pohon-pohon banyak roboh oleh gelombang pasang.

muara yang memisahkan kota dan kabupaten pd. pariaman
Bibir pantai tidak terlalu curam keasrian panorama nya mampu menyatukan kita dengan suasana harmoni alam pantai yang damai, keramahan penduduk setempat akan terasa hangat saat mampir sejenak untuk menikmati rona dan pesona alam yang mampu menghilangkan rasa jenuh dan lelah. Sebab disini anda juga bisa menyaksikan aktifitas nelayan ditengah pemukiman mereka.
aktifitas nelayan pagi menjelang siang tampak warga dan anak-anak membantu nelayan
Perahu-perahu penangkap ikan akan terlihat berjejeran tersandar di pantai ini jika berkunjung di pagi hari menjelang siang ketika nelayan baru pulang melaut. Menyaksikan nelayan mengeluarkan hasil tangkapan dari perahu mereka secara langsung, kita juga dapat terlibat menarik mengangkat perahu mereka ke bibir pantai untuk disandarkan, jika nelayan beruntung hasil tangkapannya banyak biasanya nelayan akan memberi anda beberapa ikan atau kepiting untuk di bawa pulang. Bisa saja ikan-ikan hasil tangkapan nelayan langsung dibeli jangan lupa negosiasi dari atas perahu.
bibir pantai tampak berpasir putih kehitaman
Nelayan pasir baru memiliki TPI atau tempat pelelangan ikan, ikan-ikan hasil tangkapan nelayan langsung dilelang disini. Dikawasan pantai ini juga terdapat warung nasi yang menyajikan ikan bakar laut yang segar yang baru saja keluar dari laut hasil tangkapan nelayan. Katanya metode masaknya atau membakar ikannya tanpa diberi santan rasanya enak, manis rasanya tentu enak sambal cabe yang digunakan biasanya pakai minyak kelapa yang di sebut minyak tanak. Dengan metode memasak seperti ini mereka menamakannya lauak sambam.      

Selain pagi hari, sore hari juga adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini. Memandang laut lepas dan melihat matahari tenggelam bersama nelayan yang bergelut dengan ombak untuk pergi ketengah lautan mencari ikan. Biasanya pada sore hari banyak pengunjung yang datang dari luar untuk memancing di muara sungai maupun di laut dari atas susunan batu grip yang menjorok ke laut.


Bagi anda yang suka suasana pantai sambil melihat aktifitas nelayannya pantai pasir baru ini adalah pantai yang sangat tepat untuk anda kunjungi.

 

       

Share This Article :

Click here for comments 1 komentar:

1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...