-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Bioskop Garuda dan bioskop karya Pariaman melirik masa lalu sebuah kota

 Bioskop Pariaman melirik masa lalu sebuah kota

bioskop garuda

Gedung bioskop garuda di bangun tahun 1940 an oleh pemilik bangunan rumah gadang Muhammad Hasan Sholeh. Bangunan bioskop ini telah sering beralih fungsi. Pertama kali di pergunakan adalah sebagai gudang kopra dan selanjutnya dijadikan gedung bioskop, setelah tidak di pergunakann lagi sebagai bioskop bangunan ini dijadikan sebagai lapangan badminton dan gudang.

Bioskop garuda menjadi salah satu cagar budaya tidak bergerak yang ada di kota pariaman saumatra barat. Bioskop garuda berlokasi di jalan Sudirman no. 38 kelurahan pondok duo kecamatan pariaman tengah kota pariaman sumatra barat.

Bioskop garuda dapat di akses  menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat pemilik bioskop garuda adalah Muhammad Ali Hasan (ahli waris) dan dikelola oleh Afridawati.

Bangunan bekas bioskop garuda berada disisi kanan bangunan rumah gadang Mohd. Hassan Saleh. Rumah gadang yang berada disampingnya dibangun pada tanggal 26 agustus 1918 ini terlihat pada dinding depan pagar yang bertuliskan awal rumah gadang ini di bangun.

rumah gadang Mohd. Hasan Shaleh
Bangunan bioskop garuda memiliki dua lantai ukuran panjang 20 meter dengan lebar 18 meter. Bangunan bioskop garuda merupakan ruang lepas dengan dinding yang terbuat dari bata lantai dari semen atap dari bangunan ini dari seng dengan kuda-kuda dari kayu dinding bagian depan atas terbuat dari bata yang di plester dan di beri nama Bioskop Garuda.

Bioskop karya bioskop karya juga sudah lama tak beroperasi bioskop ini terletak di simpang tabuik dekat pasar pariaman. Bioskop di kota pariaman aktif dan populer di era tahun 1990 an.

bioskop karya tampak depan
 Menurut Erman 43 tahun, pedagang di pasar pariaman mengatakan bahwa dia pernah masuk menonton film di bioskop karya pada tahun 1990 an ketika itu tiket masuk sekitar Rp1.500-Rp2.500, bioskop-bioskop di kota pariaman ini buka pada jam 3 sore hingga jam 10 malam terangnya kecuali hari libur.
tampak dari dalam gedung bioskop karya

kini gedung bioskop karya tampak tak terawat atapnya lapuk sebagian besar sudah jebol jika di intip ke dalam dari pintu depan yang sudah pecah berlobang maka tampak berserakan lantainya juga ditumbuhi rumput liar padahal gedung ini berada sangat strategis di pinggir sungai di tengah pusat kota dan perbelanjaan.


#piaman aja

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...