-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

penemuan bunga langka bunga bangkai di korong Duku kec. Sungai limau Padang pariaman

 Bunga bangkai ” di korong Duku kec. Sungai limau Kab. padang pariaman

walikorong Duku dan kak Eri ketika menunjukkan lokasi tumbuhnya bunga

Ada yang menarik di korong Duku Masyarakat korong Duku nagari pilubang kecamatan sungai limau kabupaten padang pariaman sumatra barat dikejutkan dengan penemuan bunga bangkai yang tumbuh sempurna di lahan masyarakat. Bunga bangkai ditemukan sepuluh hari lalu oleh kelompok julo-julo karajo masyarakat yang berjumlah 6 orang ketika membersihkan lahan perkebunan anggota kelompok bunga bangkai yang sering masyarakat sebut sudah tinggi mencapai sekitar 2 meter lebih saat sebelum tulisan ini di buat.

Areal lokasi penemuan bunga bangkai pun mulai ramai di kunjungi masyarakat sampai saat ini baik sekedar ingin tahu bagaimana bentuknya maupun hanya untuk sekedar berfoto saja. Bunga bangkai tumbuh di pinggir jurang sedalam sekitar 50 meter dengan kecuraman mencapai 90 derajat, boleh bagi siapa saja yang berkunjung ke area penemuan bunga terbesar dunia ini dengan syarat jangan menyentuh nya agar dapat berkembang dengan sempurna.

Perlu diketahui bunga bangkai hanya ada di Indonesia bunga ini sering di pertukarkan dengan bunga Raflesia arnoldi mungkin bunga ini sama-sama berukuran raksasa. disebut bunga bangkai dikarenakan mengeluarkan bau seperti bangkai yang membusuk yang dimaksudkan sebenarnya untuk mengundang kumbang dan lalat untuk menyerbuki bunganya.

gobah tuanku katiak (kecil)
Ternyata banyak yang menarik di korong Duku di area lokasi penemuan bunga raksasa ini ada gobah atau kuburan alim ulama tokoh adat yang termasyur di masa nya hidup sekitar tahun 1890 an masyarakat menyebutnya gobah pinjauan katiak. Ketika ditanya pada wali korong Duku pak Ronal dan kak Eri andalan cabang pramuka padang pariaman yang menemani perjalanan ini, apakah ada yang datang berziarah ke makam ini? Ada katanya dihari-hari tertentu seperti berziarah sebelum memasuki bulan Ramadhan bahkan ada yang datang dari luar daerah seperti dari sijunjung. Banyak makam alim ulama yang ada disini, maka dengan dana swadaya dari masyarakat bersama sama warga pada tahun 1990 an membangun gobah tuanku katiak untuk mengenang jasa beliau atas penyebaran agama islam supaya dapat menjadi edukasi bagi generasi berikutnya.
lanscape di area penemuan bunga bangkai

Untuk mencapai lokasi tumbuhnya bunga bangkai tidak sulit jalan setapak kendaraan roda dua bisa naik ke atas bukit tempat tumbuhnya bunga tersebut dan diatas bukit ini anda akan di suguhkan pemandangan yang cantik seperti hutan, laut pariaman, pulau, hamparan bukit barisan dan gunung singgalang terlihat eksotis dari area ini. Bagi anda yang suka hunting berburu foto dari maka tempat ini layak anda kunjungi.

Tips menuju lokasi: hati hati ketika berkendara menuju lokasi pastikan rem sepeda motor dalam kondisi baik kelokasi berjarak sekitar 1 km dari jalan aspal. Bawa kamera untuk berswafoto. Jangan lupa bawa snack dan minuman untuk bersantai anda akan betah sejenak disini.

Semoga bunga bangkai yang di temukan di korong Duku ini dapat mekar dengan baik agar piaman explore bisa mengunjungi kembali.

#Piaman aja

 

 

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Rohana Kuddus Srikandi Islam Wanita Minang Sahabat Pena R.A Kartini

Piamanexplore- Setiap tanggal 21 April, bangsa Indonesia memperingati hari Kartini. Mengapa Kartini yang lebih dikenang padahal banyak perem...