-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Syekh Balinduang/tokoh penyebar agama Islam di nagari pilubang sungai limau Padang Pariaman

 Makam syekh Balinduang di korong sibaruas

makam syekh Balinduang yang tirai terbuka

Makam syekh balinduang terletak di korong sibaruas nagari pilubang kecamatan sungai limau kabupaten padang pariaman sumatra barat. Kenapa namanya syekh balinduang? Panas tempat berlindung hujan memang tempat berteduh bagi masyarakat pilubang syekh Balinduang juga terkenal dengan ubek maubek tawa manawa artinya beliau mampu mengobati orang sakit apabila diminta bantuan.

Syekh Balinduang karena ada di zaman belanda beliau juga ikut bergerilya jadi secara tidak resmi beliau adalah pahlawan kemerdekaan. Banyak orang yang datang kepada beliau meminta bantuan maupun petunjuk maka sebab itu beliau bagala Balinduang/berlindung. 

Menurut sekelumit sejarah dari guru ke guru termasuk orang tua-tua terdahulu beliau “Syekh Balinduang” berasal dari marunggi kuraitaji bersuku Chaniago nama asli beliau adalah Aminullah. Sebab Syekh Balinduang datang ke korong sibaruas umumnya dinagari pilubang karena waktu itu ajaran agama minim sekali dan kurang, ada seseorang di pilubang didaerah pinjauan katiak korong duku namanya pakiah caduik, niniak mamak penghulu atau tokoh di pilubang berjumlah delapan sepakat meminta dicarikan guru kepada pakiah caduik untuk mengajar agama di kenagarian pilubang.

gerbang masuk ke makam syekh balinduang
Pakiah caduik pergi menghadap syekh Burhanuddin untuk meminta didatangkan seorang guru agama yang dapat mengajar di nagari pilubang, syekh Burhanuddin pun setuju maka di utus Aminullah murid tertua dari beliau untuk pergi mengajar.

Masyarakat sibaruas bersyukur karena menurut kesepakan tokoh adat yang delapan korong sibaruas dipilih menjadi pusat penyebaran agama di nagari pilubang karena berada di tengah-tengah nagari korong yang delapan. Perlu diketahui syekh Burhanuddin adalah tokoh penyebar agama Islam di sumatra Barat yang makamnya terletak di nagari manggopoh palak gadang ulakan kecamatan ulakan tapakis kabupaten padang pariaman provinsi sumatra barat.


  

#piaman aja

 

Share This Article :
1745663973787222366

Tabek Mandi Sikabu–Kolam Renang Menyuguhkan Keindahan Alam diKaki Gunung Marapi

Piamanexplore- Tabek Mandi Sikabu adalah salah satu tempat wisata yang berada di Sumatera Barat. Terletak di Kabupaten Agam, tempat ini terk...