-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Keindahan Panorama Mesjid Jami Darussalam Koto Baru Sumatera Barat

foto Piamanexplore.com
Mesjid Jami’ Darussalam koto baru merupakan mesjid yang terletak di jalan padang panjang bukit tinggi tepat nya di koto baru. Bila bepergian ke Bukittinggi masjid ini akan terlihat dengan tiga kubah besar berwarna kemerahan dan menariknya memiliki panorama yang menakjubkan dengan latar Gunung Singgalang.

Mesjid ini merupakan mesjid tua yang memiliki nilai history. Arsitekturnya yang unik, di kelilingi oleh kolam ikan, dengan suhu yang adem, menyebabkan tempat ini ramai di singgahi oleh musafir yang lagi dalam perjalanan menuju kota Bukittinggi maupun sebaliknya.

Kolam yang menghisasi mesjid ini terdapat berbagai macam ikan yang banyak sekali didominasi ikan emas. Agar ikan terlihat banyak dan berkumpul jamaah atau pengunjung silahkan memberi makan ikan dengan pelet yang sudah disediakan oleh pengurus mesjid.

Pelet nya sudah di bungkus sedemikian rupa nah perbungkusnya itu kita di sarankan bersedekah Rp5.000 di kotak sedekah mesjid yang sudah disediakan.

Generasi muda yang hobi mendaki gunung banyak juga diantara mereka setelah mendaki gunung marapi untuk melepaskan lelah dan sholat di sini. Airnya yang bersih dan sejuk.merupakan daya tarik.

Ada satu bangunan bersejarah juga yang terdapat di sisi kiri mesjid.yaitu bangunan yang menyerupai rumah gadang, dimana terdapat ornamen ukiran yang unik khas Minangkabau, dan terdapat sebuah tabuah dalam bahasa minang atau bedug untuk memanggil orang sholat setiap waktunya atau di tabuh pada waktu idul fitri atau idul adha.

Seiring berjalannya waktu, fungsi dari tabuah ini, tidak lagi berjalan.dan bangunan ini seakan diabaikan. Sayang juga bangunan yang memiliki nilai estetika ini dibiarkan, dan tidak ada tabuhnya, cuma sisa tempat tabuhnya yang ada.

Alangkah indahnya bila bangunan ini di benahi, karena akan menjadi daya tarik tersendiri ketika orang melewati mesjid ini.karena letaknya yang tepat di pinggir jalan raya padang-bukittinggi semoga ini menjadi perhatian dan tidak hilang nilai sejarahnya tergerus waktu.

Masjid yang dibangun sejak tahun 1990an ini memiliki luas 5.400 meter persegi dan dapat menampung jemaah lebih dari 500 orang.

Suasana masjid sangat sejuk, terdapat kolam-kolam yang luas, balai adat dengan gonjong dan ukiran khas Minangkabau. Selain menjadi tempat ibadah dan belajar agama, masjid ini juga menjadi spot foto yang menarik.


#PiamanExplore.com

Share This Article :
1745663973787222366

Parkir Rp25.000 Plastik Rp5.000 Akhklak Buruk Juru Parkir Di Mesjid Raya Al- Jabbar Bandung

Piamanexplore- Setelah magrib berangkat dari jatinangor rencana langsung mau ke ciparay.  Berangkat 2 mobil namun di tengah jalan memutuskan...