-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Daftar Wisata Tanah Datar SUMBAR Yang Buka Saat Libur Lebaran

piamanexplore.com
Jika tidak ada kendala seluruh tempat wisata di danah Datar sumatera barat akan di buka selama liburan lebaran tahun 2022.

Jika tidak ada kendala ataupun ada aturan seperti sebelum-sebelumnya, direncanakan seluruh obyek wisata unggulan di Tanah Datar akan kita buka semuanya selama libur Lebaran," kata Kepala Seksi (Kasi) Promosi dan Pemasaran Pariwisata Tanah Datar, Renti Emelia, dikutip dari Antara beberapa waktu lalu.

Saat ini pihak pengelola pariwisata di tanah datar sedang membersihkan tempat-tempat pariwisata sehingga membuat wisatawan nyaman ketika berwisata di tanah datar. 

baca Juga: 8 titik wisata pariaman Yang buka libur Lebaran

Penasaran apa saja wisata di tanah datar yang akan di buka?

Ini Daftarnya:

1. Istana Basa Pagaruyung

Istano Basa pagaruyuang atau lebih populer dengan sebutan Istana Pagaruyung. Istana ini terletak di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana basa pagaruyung adalah salah satu destinasi wisata budaya paling terkenal di Sumatera Barat.

2. Nagari Tuo Pariangan
Desa Nagari Pariangan terletak di Lereng Gunung Marapi, tepatnya di Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat. Lokasinya sekitar 95 kilometer dari utara Kota Padang, dan 35 kilometer dari Kota Bukittinggi.

3. Puncak Pato

Puncak pato merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di Tanah Datar, Puncak Pato merupakan sebuah jorong kecil yang terletak di kenagarian batu bulek, kecamatan lintau buo utara kabupaten tanah datar. Untuk menuju puncak pato kita akan menempuh perjalananan sejauh 30 menit perjalanan. Sepanjang perjalanan kita akan di suguhi jejeran rumah gadang yang masih terpelihara dan terawat.

4. Batu angkek-angkek

Destinasi Wisata Batu Angkek-Angkek terletak di Kecamatan Sungayang, Kota Batusangkar dengan jaraknya lebih kurang 7,5 km dari Kota Batusangkar dan kalau ditempuh dari Istana Pagaruyung, memakan jarak sejauh 11 kilometer. Objek Wisata Batu angkek-angkek sudah menjadi objek wisata Sumatera Barat dan dijadikan sebagai cagar budaya oleh pemerintah daerah sejak tahun 1980. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk melihat dan mencoba mengangkat batu tersebut, baik wisatan lokal, nasional maupun wisatawan mancanegara.

5. Panorama Tabek Patah

terletak di pinggang gunung berapi antara kota Bukittinggi dan Batusangkar, Indonesia. Hawanya dingin dan sering berkabut. Bila cuaca cerah, pemandangannya sangat indah.dan memiliki julukan sitinjau lauik

Ada dua danau kecil yaitu Pakih dan Aie Taganang. Di danau ini terdapat ikan khas Tabek Patah oleh penduduk setempat disebut ikan Puyu.

6. Puncak Aua Sarumpun
Puncak Aua Sarumpun terletak di Nagari Tigo Koto, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat. Perjalanan Dari Bandara Internasional Minangkabau membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam atau menempuh jarak 80 km.

7. Aia Angek Padang Gantiang

Obyek wisata Pemandian Aie Angek (air panas) Padang Ganting kecamatan Padang Ganting  kabupaten Tanah Datar sudah tidak asing lagi  disamping sebagai tempat pemandian juga sudah dikenal dan dianggap sebagai tempat terapi berbagai penyakit seperti penyakit kulit, penyakit gula dan penyakit stroke.

8. Tenun Pandai Sikek

foto Nuryasmi
Kain tenun songket Pandai Sikek dibuat serba manual dan tradisional. Lamanya proses pembuatan tergantung dari ukuran, jenis dan kehalusan kain, dan kerumitan motifnya. Eksistensi dan kekayaan tradisi tenun songket dari Pandai Sikek diabadikan sebagai gambar pada mata uang pecahan Rp5.000.

Pandai Sikek adalah salah satu nagari di Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Sejak dulu nagari ini sudah dikenal dengan kerajinan kain tenun songketnya yang indah. Ciri khas tenunan songket dari Sumatera Barat ini adalah penggunaan benang emas dan perak dalam menenun kain sutera sehingga menghasilkan kain yang mewah dan elegan. Tak heran jika tenun songket menjadi simbol kemewahan dan status sosial.

9. Air Terjun Lembah Anai

lokasi wisata berada di jalan lintas Sumatra Padang-Bukittinggi. Air terjun ini bukan hal asing lagi di Masyarakat Indonesia, sebab sebagai satu diantara sekian banyak lokasi wisata favorit di Sumatra Barat. Air Terjun Lembah Anai, yang juga disebut Air Mancur oleh masyarakat setempat, berlokasi di Nagari Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, atau sekitar 38 km dari arah Batusangkar. Aliran air di Air Terjun Lembah Anai berasal dari Gunung Singgalang yang kemudian dikucurkan setinggi 35 meter dari tebing ini.

Semoga Bermanfaat Piaman Explore

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...