-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cara Terhindar Dari Pakuak Saat Balanjo Di Tempat Wisata Di Pariaman

ilustrasi
'Pakuak'.. Istilah dalam bahasa minang yang sangat nge'trend  khususnya bagi para penikmat kuliner. Saat penetapan harga makanan jauh lebih mahal dari yang sebenarnya.

Hati-hati Inilah Pakuak!.

Pakuak atau Getok harga di restoran  warung makan di tempat wisata kerap kali terjadi. Karenanya pastikan untuk menanyakan menu dan harga sebelum pesan.

Berwisata tanpa kulineran kurang lengkap rasanya. Maka tak heran jika di kawasan tempat wisata banyak terdapat warung makan hingga restoran yang menawarkan menu makanan khas.

Namun hati-hati, sebelum memesan menu pastikan untuk bertanya tentang menu dan harganya. Pasalnya tak sedikit restoran dan warung makan yang melakukan pakuak harga.

Bukan hanya harga makanan saja yang dikenakan pakuak harga, tetapi harga parkir di warung makan pun demikian.

Para perantau pun harus hati-hati saat melakukan mudik ke sumatera via darat, saat break bus biasa nya berhenti di warung makan padang, bukan gak mungkin sama-sama orang padang pakuak harga gak terjadi bahkan ini kesempatan bagi mereka untuk mengambil kesempatan bahwa anda mungkin hanya sekali ini saja singgah ke tempat mereka.

Penulis juga pernah mengalami saat pulang mudik dari medan ke pariaman lewat jalur darat, saat mobil berhenti break di rumah makan di pasaman saya pesan nasi seporsi pakai telur bulat penumpang di sebelah saya pesan nasi pakai daging ayam sama-sama seporsi, ketika membayar nasi telur yang saya pesan harganya lebih mahal dari nasi dengan daging ayam.

Penumpang di sebelah saya sebelum makan dia tanya dulu harganya sedangkan saya tidak.

Lebaran ini pariwisata di pariaman maupun kabupaten padang pariaman akan di buka ada 8 titik wisata akan di buka di kota ini. Bagi wisatawan harap teliti dan berhati-hati ketika berwisata ke kota tabuik  jangan sampai terjadi istilah pakuak ketika memesan makanan di area wisata.

Ada 4 tips yang admint bagikan ke pada sobat agar terhindar dari pakuak atau getok harga:

1. sebelum memesan makanan pastikan harga makanan sesuai dengan kantong anda.

2. Jangan malu bertanya Hal ini seringkali diremehkan oleh para wisatawan ketika berlibur di tempat yang baru pertama kali mereka sambangi.

Meski tampilan warung terlihat sederhana, bukan berarti harga yang dipatok juga murah. Oleh karena itu, jangan malu-malu untuk bertanya ketika hendak berwisata kuliner di suatu tempat.

3. Pilih tempat yang ramai, Banyak yang mengatakan, tempat makan yang ramai menandakan bahwa cita rasa makanannya lezat dengan harga yang murah. Begitupun sebaliknya.

4 Jangan Takut Protes Saat anda merasa tertipu, jangan takut untuk segera mengajukan protes dengan sopan dan tenang. Jika pihak restoran atau rumah makan bersikeras mengelak padahal anda memiliki bukti kuat dan kerugian terlalu besar, jangan ragu untuk melaporkannya kepada pihak terkait.


Semoga bermanfaat #Piamanexplore

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...