-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Wisata Ke Puncak Bukit Kumoyen Pasaman Serasa Berwisata Di atas Awan

igram Ilmatiaradeswann
Piamanexplore.com-Jika anda menyukai tantangan dan mencoba menguji adrenalin, maka objek wisata Puncak Kumoyen patut dikunjungi. Objek wisata itu memiliki sejuta pesona yang bisa memanjakan mata setiap pengunjung.

Objek wisata Puncak Kumoyen di perbukitan Kampung Bakureh, Jorong Sentosa, Nagari Pa danggelugur, Kecamatan Padanggelugur, Kabupaten Pasaman. 

Objek wisata ini merupakan salah satu pilihan favorit muda-mudi yang menyukai tantangan dan pemandangan indah. 

Akses Menuju Puncak Kumoyen

Jika ingin berkunjung ke destinasi wisata ini, sobat bisa datang lewat jalan simpang Pasar Inpres Tapus, namun bagi pengunjung yang datang dari Lubuksikaping, untuk mencapai objek wisata Puncak Kumoyen membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Jika sobat dari arah Rao, maka membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai pada persimpangan jalan menuju wisata Puncak Kumoyen.

Dari persimpangan jalan wisata, jika menggunakan sepeda motor, sobat hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai pada gerbang wisata Puncak Kumoyen.

Untuk sampai ke Puncak Kumoyen, sobat harus hati-hati karena kondisi jalan yang cukup curam dan memiliki banyak tikungan yang cukup tajam, namun untuk keselamatan, sobat disarankan untuk mendaki dengan berjalan kaki sambil menikmati pemandangan yang indah.

foto nelsis wiyanti
Bawa Bekal Untuk Perjalanan

Selain itu, sobat juga sangat disarankan untuk membawa persediaan air minum yang cukup untuk mendaki, sebab di tengah perjalanan, sobat tidak akan menemukan warung karena di sekeliling jalan, sobat hanya bisa menemukan perkebunan masyarakat.

Di sisi lain, sobat bisa menikmati pemandangan yang cukup beragam, mulai dari perkebunan sawit dan jagung masyarakat, hingga melihat seluruh sisi pemukiman masyarakat mulai dari Rao hingga Panti.

Jika sudah sampai di objek wisata Puncak Kumoyen, sobat bisa menemukan beberapa pondok-pondok yang disediakan oleh masyarakat untuk tempat istirahat dan warung untuk berbelanja, sehingga lelah sobat saat mendaki terbayarkan dengan keindahan pemandangan yang luar biasa menarik.

Fasilitas Di Puncak Kumoyen

Di puncak bukit, fasilitas untuk Sobat Explore sangat lengkap, mulai dari mushala, toilet, kuliner, bahkan spot untuk mengabadikan momen saat berada di puncak juga disediakan.

Saat ini, Puncak Kumoyen memiliki empat spot yang bisa dijadikan lokasi untuk mengabadikan momen.

Pertama, sobat bisa berpose pada patung yang berbentuk telapak tangan gergasi dengan berdiri atau duduk diatas tangan sambil melihat seluruh pemukiman Kabupaten Pasaman yang dikelilingi oleh bukit barisan.

Kedua, sobat juga bisa bersantai menikmati pemandangan dengan berpose di atas perahu yang terbuat dari semen yang menggantung di atas bukit menghadap ke arah pemukiman masyarakat.

Ketiga, Puncak Kumoyen memiliki tempat nongkrong yang dibangun dengan luas kira-kira 4x6 meter untuk bersantai sambil menikmati suasana sejuk dari atas bukit.

Terakhir, Sobat Explore juga bisa menjadikan patung 1.000 wajah tokoh berpengaruh yang diukir sebagai spot wisata edukasi untuk lebih mengenal tokoh-tokoh yang sangat berjasa dalam dunia.

Sekretaris Nagari Padanggelugur, Rahmat Hidayat mengatakan, objek wisata Puncak Kumoyen masih dalam tahap pengembangan, masih banyak yang perlu dibenahi agar pengunjung bisa menikmati suasana liburan yang sebenarnya.

"Kita masih dalam tahap pengembangan, untuk menuju wisata kita masih membutuhkan kendaraan yang mampu mengangkut pengunjung sampai ke atas bukit yang nantinya dikenakan tarif Rp 15 ribu per orang" ujarnya.

Sobat nantinya hanya dikenakan tarif ini saja, jika sudah berada di puncak bukit, sobat tidak akan dikenakan tarif apapun kecuali kebutuhan pribadi pengunjung.

igram Ilmatiaradeswann
Lebih lanjut ia menyampaikan, pengunjung nantinya bisa datang pada waktu pagi, siang dan malam. 

Karena menurutnya jika pengunjung datang pada waktu pagi hari, pengunjung dapat menikmati pemandangan seperti negeri di atas awan.

Jika pengunjung datang pada waktu siang hari, pengunjung hanya bisa menikmati keindahan pemandangan dari atas bukit. 

Sementara itu, jika pengunjung datang waktu malam hari, pengunjung bisa menikmati kerlap-kerlip lampu pemukiman masyarakat mulai dari Kecamatan Rao hingga Kecamatan Panti.

"Jika ingin bermalam, kita juga nanti akan sediakan tempat untuk pengunjung, namun untuk saat ini, kita masih belum memperbolehkan pengunjung untuk bermalam," ungkapnya.

Ia berharap, Puncak Kumoyen akan menjadi salah satu daya tarik wisatawan nantinya, mengingat jika ingin melihat awan lebih dekat dulunya wisatawan harus mendaki gunung selama berhari hari.

Namun sekarang, dengan adanya wisata Puncak Kumoyen, wisatawan pecinta gunung tidak perlu mendaki selama berhari-hari, cukup datang mengunjungi wisata puncak kumoyen dengan jarak tempuh hanya membutuhkan kurang lebih satu jam perjalanan, sudah bisa menikmati negeri di atas awan.

Kemudian, ia juga berharap jika nantinya objek wisata ini berkembang dapat mendongkrak perekonomian masyarakat dan sekaligus menambah pendapatan Nagari Padanggelugur. (sumber PadangEkspres 9,12,22)

"Kami terus berupaya membenahi semaksimal mungkin, target pada tahun 2023 mendatang, objek wisata ini bisa dinikmati oleh pengunjung," tegasnya.

Share This Article :
1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...