-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Wisata pantai Arta Permai sungai limau dulu ramai yang dilupakan

 Wisata pantai Arta Permai sungai limau yang dilupakan

hamparan pasir putih

Pantai Kata oi di pariaman sayang

pantai Arta di sungai limau tampeknyo

Mari santai basamo jo kawan lamo sayang

hari perai raun kito basamo

pantai Arta lain pulo seronyo.. (2002) Lirik lagu Amriz arifin

Baru kali ini penulis ke wisata pantai Arta permai setelah sekian lama mungkin ada lebih sepuluh tahun lalu terlewati. Saya dan keluarga baru kali ini kesini sengaja ingin melihat bagaimana kondisinya sekarang. Wisata pantai Arta permai sungai limau tepatnya berada di sungai paku kecamatan sungai limau sekitar 20 kilometer dari pusat kota pariaman sumatra barat Indonesia.

Pantai Arta permai menjadi pantai yang termasuk banyak pengunjung setiap libur lebaran pantai ini mengadakan sebuah acara pesta pantai seperti permainan musik dan permainan menarik lainnya karena juga aksesnya yang sangat mudah dijangkau. Pesona alamnya indah alami pohon kelapa dan pinus tumbuh lebat kokoh dan besar di area pantai ini seperti kita berada di tengah hutan. Sejauh mata memandang terhampar pantai berpasir putih dengan hembusan angin laut pohon-pohon tumbuh dengan rindang memberikan kita rasa nyaman.

pengunjung tampak bersantai
Perahu-perahu nelayan penangkap ikan terlihat berjejeran bersandar, ketika kita berkunjung pada pagi hari kita dapat menyaksikan nelayan berlabuh ketepi pantai mengeluarkan hasil tangkapannya kita pun juga dapat ikut terlibat menarik perahu ke pinggir pantai. Sore hari juga adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini memandang laut lepas menunggu menyaksikan matahari tenggelam tumbuhan seperti rumput-rumput hijau yang merayap di antara pasir putih siap memanjakan mata, kursi-kursi pedagang seakan mempersilahkan anda untuk duduk bersantai memandang tepat ke samudera lautan luas matahari akan memancarkan warna kemerahan di ufuk barat.

Sekarang wisata kita di lupakan seiring dengan rusaknya semua fasilitas pendukung yang ada, pedagang pun tak betah lagi berjualan banyak warung yang ditinggalkan begitu saja hingga roboh dengan sendirinya. Pengunjung sepi sangat sepi didukung lagi dengan pandemi.

fasilitas tampak rusak
Kini pantai Arta yang kita andalkan dulu wisatanya tak lagi sama kondisi pendukungnya sangat memprihatinkan bangunannya sudah rusak parah pentas seni yang dulu sering dipakai kini sudah tak elok lagi tak bisa digunakan sama-sekali, toilet nya sama berantakan, kamar mandi sumur yang biasa digunakan untuk ganti pakaian oleh wisatawan sudah lama musnahnya tak bisa diharapkan. Pantai ini cantik sama seniornya dengan pantai kata, pantai gandoriah dan pantai lainnya di piaman lihat mereka terus di benahi terus di dandani membuat pantai Arta jauh ketinggalan pantai ARTA permai semoga engkau di perhatikan. 
gerbang masuk pantai arta

Oh pemerintah dimana kamu oh dinas pariwisata.. (januari 2021)

 

Share This Article :

Click here for comments 1 komentar:

1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...