-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Basni Dewita bukan bakat keturunan

 Basni Dewita

Catatan dewiwarman chan pada KMS (singgalang masuk sekolah) tanggal 6 januari 1987

Kebolehannya dalam baca puisi wajarlah mendapat sambutan hadirin nyaris selalu terpukau tiap ia tampil di panggung itulah dia Basni Dewita cewek kelahiran pasar kondang lubuk alung 5 juli 1969. Dengan kulit kuning langsat dara yang kini menimba ilmu di SMAN lubuk alung kelas II fisika 1 itu gemar baca puisi sejak kelas satu SMP. Padahal seperti diakui nya orang tuanya tak punya bakat untuk baca puisi ataupun tulis menulis umumnya ayahnya basir oyot kini ketua koperasi kuala lubuk alung. Namun dari bakat alamnya Ibu dan ayah ikut mendorong ucap Basni.

Bermula Basni tertarik karena sering menyaksikan orang lain baca puisi, iapun ingin mencoba ia lalu berlatih dan akhirnya ada kekuatan dalam diri sendiri yang menjadi pendorong kuat untuk terus maju menjelmalah hasilnya. Tahun 1983 untuk pertama kalinya Basni meraih juara satu lomba baca puisi tingkat kecamatan lubuk alung saat itu Basni masih kelas III SMP berselang beberapa bulan masih di SMP iapun meraih juara satu tingkat kabupaten padang pariaman.

Dampaknya Basni semakin giat ia belum puas ia ingin terus menerus meraih prestasi keyakinannya pun semakin dalam menggeluti dunia baca puisi.

Juara satu tingkat padang pariaman diraihnya saat itu dalam lomba memeriahkan HUT INS kayutanam yang diselenggarakan 25 oktober 1986 lalu lagi-lagi juara satu diraihnya. Terjadi dalam lomba baca puisi antar SMTA sepadang pariaman dan lubuk basung yang diadakan SMAN sungai limau memperingati bulan bahasa dan HUT pahlawan ke 41 lalu.

Sejumlah tropi dan hadiah lainnya sudah berhasil dia raih ternyata Basni yang mempunyai tinggi 158 cm dan berat 45 kg ini kini giat berlatih di sanggar sekolahnya SMA lubuk alung yang dibina edi mulyono dan di ketuai ridwan.

Sebelum tampil pada suatu lomba saya selalu berlatih bersama teman-teman di sanggar. Ungkap Basni di sanggarnya pula Basni dan teman-teman tiap minggu pagi berlatih tak hanya baca puisi tapi juga drama, vokal grup dan lain-lain


.

Juara dipanggung Basni tak tertinggal di pelajaran di sekolah beberapa waktu lalu ia termasuk 10 besar pemuncak di sekolahnya.   

 

Share This Article :
1745663973787222366

Tragedi Besar Kecelakaan Kereta di Minang 1944 Dan Kebaikan Rahmah El Yunusiyah

Piamanexplore -Tragedi kecelakaan kereta api di Lembah Anai pada 25 Desember 1944 ialah tragedi kecelakaan yang terparah di Indonesia pada z...