-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Mengenal Kota PARIAMAN

 Mengenal PARIAMAN

Balaikota pariaman/foto piamanexplore.com

kota pariaman adalah sebuah kota yang terletak di provinsi sumatra barat, Indonesia. kota pariaman berjarak sekitar 56 km dari kota padang atau 25 km dari bandara internasional minangkabau. Kota pariaman merupakan hamparan dataran rendah yang landai terletak dipantai barat sumatra dengan ketinggian antara 2 sampai dengan 35 m diatas permukaan laut dengan luas daratan 73,36 km2 dengan panjang pantai lebih kurang 12,7 km serta luas perairan laut 282,69 km2 dengan 6 buah pulau-pulau kecil diantaranya pulau bando atau pulau gosong, pulau ujung, pulau tangah, pulau angso dan pulau kasiak.

pulau angso duo/foto piamanexplore.com
Kota pariaman merupakan daerah yang beriklim tropis basah yang sangat dipengaruhi oleh angin barat dan memiliki bulan kering yang sangat pendek. Kota pariaman resmi berdiri sebagai kota otonom pada tanggal 2 juli 2002 berdasarkan undang-undang nomor 12 tahun 2002 tentang pembentukan kota pariaman di provinsi sumatra barat. Sebelumnya kota pariaman berstatus kota administratif dan menjadi bagian dari kabupaten padang pariaman.

Kota pariaman terdiri atas 4 kecamatan: pariaman utara, pariaman selatan, pariaman tengah dan pariaman timur. Kota pariaman hampir jumlah penduduknya secara keseluruhan didominasi oleh etnis minangkabau. Secara batas administrasi kota pariaman sebelah barat berhadapan langsung dengan samudra Indonesia, sebelah timur, utara dan selatan berbatasan langsung dengan kabupaten padang pariaman yang pernah menjadi induknya itu.

pulau angso duo membentang samudra Indonesia
Pemukiman penduduk sebagian terdapat di pariaman tengah dan itu hanya menempati 17,5% lahan di kota pariaman. Topografi sebagian besar kota pariaman cenderung datar dan merupakan daerah pantai dengan ketinggian berkisar antara 0-100 m. dengan ketinggian tersebut maka kota pariaman memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai kawasan budidaya terutama kegiatan perkotaan.

gedung baru pasar kota pariaman
Mata pencaharian penduduk kota pariaman beraneka ragam mulai dari petani, pedagang, pegawai, nelayan dan lain-lain. Padatnya penduduk yang terdapat di pariaman tengah disebabkan lokasi yang berada di pusat kota dengan sarana dan prasarana yang cukup lengkap untuk memudahkan aktifitas penduduk.

 

#KotaPariaman   

Share This Article :
1745663973787222366

Parkir Rp25.000 Plastik Rp5.000 Akhklak Buruk Juru Parkir Di Mesjid Raya Al- Jabbar Bandung

Piamanexplore- Setelah magrib berangkat dari jatinangor rencana langsung mau ke ciparay.  Berangkat 2 mobil namun di tengah jalan memutuskan...