-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Mesjid Raya Badano Mesjid Tertua di kota Pariaman

 Mesjid Raya Badano Mesjid Tertua di kota Pariaman

mesjid raya Badano dari luar foto piamanexplore

Kota pariaman menjadi salah satu kota pelabuhan penting di pantai barat sumatra pada abad 16 banyak pedagang asing yang silih berganti singgah dan menetap menjadikan kota yang di kenal dengan budaya tabuik ini semakin beragam. Kota pariaman berkembang dari wilayah pesisir pantai dan juga menjadi tempat penyebaran agama islam pertama di sumatra barat sehingga keberadaan surau dan mesjid sangat banyak yang berpotensi dikembangkan untuk destinasi wisata religi, salah satunya mesjid Badano.

Mesjid raya Badano yang terletak di desa kajai sungai rotan kecamatan pariaman timur kota pariaman merupakan Mesjid tertua di kota pariaman yang sudah berusia ratusan tahun selain tempat beribadah mesjid ini juga sering dijadikan masyarakat lokasi turun mandi anak, inilah mesjid raya Badano yang terletak di desa kajai sungai rotan pariaman timur kota pariaman.

Terlihat mesjid yang dibangun tahun 1828 atau akhir abad ke 19 oleh masyarakat empat koto sungai rotan di dua nagari dan kini sudah menjadi lima desa itu sangat indah ditambah lagi dengan sebuah menara setinggi 30 meter membuat mesjid raya badano terlihat lebih megah.

Bangunan mesjid terbuat dari beton dan berbentuk bujur sangkar atap bertumpang lima terbuat dari bahan seng, kecuali tumpang pertama sebelah utara, timur dan selatan dari bahan genteng. Sedangkan atap asli semuanya dari bahan genteng mesjid ini memiliki 33 tiang dengan bentuk bulat dan segi delapan memiliki 24 jendela dan tiga pintu masuk.

Mesjid ini disebut mesjid badano karena didalam mesjid terdapat guci besar atau masyarakat setempat menyebut Badano yang berfungsi sebagai tempat mengambil wudhu. Mesjid ini telah mengalami beberapa kali pemugaran sehingga bentuk aslinya sudah tidak terlihat lagi selain tempat beribadah shalat dan mengaji serta peringatan hari besar islam mesjid ini juga sering dijadikan masyarakat sebagai lokasi turun mandi anak.

#Piaman aja

     

Share This Article :
1745663973787222366

Mengungkap Kehidupan Sehari-hari Nelayan di Pantai Pasir Baru Nagari Pilubang Padang Pariaman

Piamanexplore- Nelayan di pantai Pasir Baru tidak hanya berjuang melawan samudra dalam pencarian ikan, tetapi juga melawan waktu. Dalam ar...