-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Salto Dipantai BASELONA Lohong Wisata Masa Depan Padang Pariaman

foto Piamanexplore
Pantai baselona, kata baselona berasal dari kata Baselo-Bana sebuah ungkapan sehari-hari ketika sedang duduk-duduk dipantai, untuk mempermudah penyebutan dipakailah kata Baselona yang menjadi salah satu objek untuk bahan riset atau penelitian yang ditetapkan oleh Rini ekasari sebagai dosen pariwisata PNP (politeknik negeri padang). Pantai Baselona mempunyai riwayat tersendiri untuk dijadikan objek wisata yang berada di pesisir pantai korong lohong nagari kuranji hilir kecamatan sungai limau kabupaten padang pariaman provinsi sumatera barat berjarak berjarak sekitar 14 km dari kota pariaman.

Sebenarnya ada beberapa objek wisata yang dilirik oleh pihak PNP dinagari kuranji hilir kecamatan sungai limau melalui bahan yang ada seperti pantai arta indah, pantai arta permai, pantai sungai limau, pantai baselona dan pantai pasir baru , pilihan tertuju pada pantai Baselona. Pantai baselona akan dibangun dengan konsep wisata keluarga dan edukasi.

piamanexplore pantai indah permai
Beberapa bulan lalu pihak kemendes PDTT datang kepantai Baselona dalam rangka untuk menumbuhkembangkan potensi desa wisata yang ada di kabupaten padang pariaman khususnya yang ada dikorong lohong kecamatan sungai limau. Didampingi oleh Dewiwarman,SH. MH anggota DPRD kabupaten padang pariaman komisi III, Usman Ibrahim alias Tabuik, ketua Pokdarwis Baselona serta tokoh dan masyarakat sekitarnya.

Fasilitas

Pantai Baselona sebenarnya dulu sudah mempunyai fasilitas seperti MCK yang dibangun oleh PT PLN tapi karena diabaikan sejak lama MCK ini sudah lama tak terpakai sehingga terbengkalai saat ini sudah tak bisa difungsikan. Pantai Baselona tak memiliki tempat ibadah, spot permainan, panggung atau pentas, tempat parkir khusus atau kendaraaan dan lain sebagai nya. Hanya ada jalan untuk pejalan kaki yang berasal dari pendanaan APB nagari tahun 2020 menyusuri sepanjang pantai menjadikan tempat ini layak dipertimbangkan sebagai objek wisata masa depan.

MCK yang tak berfungsi lagi
Abrasi mengancam Masyarakat sekitar dikejutkan oleh hilangnya pohon aru sebanyak 2 baris yang selama ini menghiasi pantai baselona sepanjang pesisir pantai. Besarnya ombak sering terjadi dipantai ini sehingga menghanyutkan pohon aru tersebut. Hal ini menambah beban kerja baik bagim pengurus pokdarwis pantai baselona juga pemerintahan nagari serta pihak-pihka yang berkepentingan untuk segera melakukan tindakan.
pohon aru terancam abrasi

Senja dipantai Baselona

Ketika sore dipantai Baselona banyak dikunjungi anak muda-mudi baik hanya sekedar foto-foto maupun mandi dipantai ini, walau ombaknya sangat besar dan gulungannya tinggi kuat tapi mereka tak takut mungkin karena mereka sudah terbiasa dengan ombak pantai Baselona.

kala senja dipantai Baselona
Syaran dari penulis jangan mandi dipantai ini jika tak biasa apalagi bagi yang tak bisa berenang. Hari pun beranjak senja matahari mulai menampakkan ronanya yang mulai memerah cantik bak gadis jolong gadang. Rasanya ingin berlama-lama disini Jika tak gelap enggan rasanya meninggalkan Baselona. Pantai Baselona ini masih jauh dari sentuhan pembangunan, terkesan asri dan alami pohon aru yang berjejer rapi menambah keindahan objek wisata ini.
gerbang pantai Baselona

Eloknya lagi pengunjung saat ini yang datang tidak dipungut biaya alias gratis.  

  

Share This Article :
1745663973787222366

Rohana Kuddus Srikandi Islam Wanita Minang Sahabat Pena R.A Kartini

Piamanexplore- Setiap tanggal 21 April, bangsa Indonesia memperingati hari Kartini. Mengapa Kartini yang lebih dikenang padahal banyak perem...