-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Kue Bika dan Kopi Kawa daun Tapi Talago (Danau) Dengan Lanscape Gunung Marapi

menikmati kue bika dan kopi kawa daun di padang panjang

Bika merupakan kependekan dari Biskuit Koto baru Asli. Ada salah satu bika yang terkenal di sumatera barat tepatnya di padang panjang dekat dengan bukit tinggi, yaitu Bika Talago. Tempatnya berada sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Bukittinggi. Di bagian belakang toko itu terdapat telaga yang menjadi inspirasi nama Bika, bahkan Anda bisa menikmatinya sambil menghirup udara sejuk dari kaki Gunung Marapi.

pemandangan yang disuguhkan kedai bika tapi talago
Kuliner asal ranah Minang terkenal gurih dan kaya akan rempah. Namun ternyata, ada pula makanan bercitarasa manis yang rasanya lezat bernama Kue Bika. Makanan itu jadi camilan khas di daerah Koto Baru, Sumatera Barat. Bahan utama Bika Koto Baru adalah air kelapa, tepung beras, dan gula pasir yang diwadahi dengan daun waru.
kue bika dengan alas daun waru
Bika Koto Baru diolah dengan cara dibakar atau dipanggang di atas tungku api dan beralaskan daun jati. Bagian atas tungku kemudian ditutup dan dibakar lagi dengan api. Bika Koto Baru diolah dengan cara dibakar atau dipanggang di atas tungku api dan beralaskan daun jati. Bagian atas tungku kemudian ditutup dan dibakar lagi dengan api.

tungku pemanggang kue bika
Harga kue bika ini sangat murah Rp3.000 per pcs nya.

Selain kue bika anda wajib mencoba kopi kawa daun. Pernahkah Anda mendengar sajian kopi, namun bukan berasal dari kopi? Ya, sekilas terdengar aneh, namun ini dirasakan oleh masyarakat Minangkabau. Kopi tersebut dikenal sebagai kopi daun atau kawa daun. Bagi mereka, kopi kawa daun bukanlah wedang biasa. Tak hanya biji kopi pada umumnya, kopi kawa daun ini juga memiliki cerita tersendiri. Masyarakat Minangkabau tidak sekadar menikmati kopi dalam tiap seruputannya, melainkan mengingat kilas balik cerita dari kopi kawa daun.

kopi kawa daun yang disajikan menggunakan batok kelapa
Aia kawa bahasa Minangkabau air kopi daun atau kopi daun atau kawa daun adalah minuman dari daun kopi kawa yang diseduh seperti teh yang berasal dari sumatera barat dan Daun kopi lokal pilihan awalnya dikeringkan dengan cara disangrai selama 12 jam. Saat akan diminum, daun kering ini dicampur dengan air dingin, lalu diseduh dengan air mendidih. Di daerah Kerinci minuman ini dikenal dengan sebutan air kawo

Yang berbeda dari penyajian kopi ini adalah disajikan dengan batok kelapa, bukan gelas atau cangkir. Harga kopi kawa hanya Rp5.000 saja jika dicampur susu harganya menjadi Rp7.000.

nikmati kopi kawa daun dan kue bika tapi talago


#kue bika tapi talago

Share This Article :
1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...