-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Istana Basa Pagaruyung Wisata Budaya Sumatera Barat

 Istana Basa pagaruyung

koleksi piamanexplore

Kebudayaan Minangkabau merupakan salah satu pesona budaya yang tak boleh anda lewatkan untuk dinikmati. Ada begitu banyak destinasi wisata budaya yang bisa anda jelajahi di Sumatera Barat. Salah satu destinasi yang wajib anda kunjungi adalah Istano Basa pagaruyuang atau lebih populer dengan sebutan Istana Pagaruyung. Istana ini terletak di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Istana basa pagaruyung adalah salah satu destinasi wisata budaya paling terkenal di Sumatera Barat.

istana memiliki halaman luas

Istana Pagaruyung memiliki tiga tingkat dalam bangunannya dengan masing-masing fungsi berbeda.

Tingkat pertama adalah tempat aktivitas utama pemerintahan berupa sebuah ruang besar yang melebar dengan area khusus sebagai singgasana raja di bagian tengahnya. Pada sisi kiri dan kanan ruangan terdapat sebuah ruangan kamar. Sementara itu bagian belakang singgasana terdapat tujuh buah kamar sebagai tempat bagi para putri raja yang telah menikah.
Tingkat kedua adalah ruang aktivitas bagi para putri raja yang belum menikah. Ruangan ini sama besarnya dengan ruangan utama. Sementara ruangan yang teratas merupakan tempat raja dan permaisurinya bersantai sembari memandangi kondisi sekitar istana. Ruangan ini dikenal dengan anjung peranginan. Ruang tersebut memiliki sejumlah koleksi senjata pusaka asli kerajaan yang masih tersisa seperti tombak, pedang, dan senapan peninggalan Belanda.

berkuda mengitari halaman istana

Begitu anda masuk, ke komplek Istana bagi anda yang membawa anak kecil bisa mengajaknya untuk naik kuda poni dengan tarif yang murah meriah. Dengan berkuda ini, anda bisa mengitari halaman komplek Istana Pagaruyung dengan latar belakang perbukitan yang begitu hijau mempesona.

Jika sudah puas berjalan-jalan, anda bisa wisata belanja di areal parkir kendaraan. Disana ada begitu banyak toko cinderamata yang menawarkan berbagi pernik-pernik khas Sumatera Barat. Termasuk kaus dengan gambar Istana Pagaruyung, tas dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuk:

Anak-anak Rp7.500/orang

Dewasa Rp15.000/orang

Wisatawan mancanegara: Rp25.000/orang

koleksi keluarga



Asyik

#wisataSumbar

#Budaya



 

Share This Article :
1745663973787222366

Mengungkap Kehidupan Sehari-hari Nelayan di Pantai Pasir Baru Nagari Pilubang Padang Pariaman

Piamanexplore- Nelayan di pantai Pasir Baru tidak hanya berjuang melawan samudra dalam pencarian ikan, tetapi juga melawan waktu. Dalam ar...