-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Lapeh Salero di PARIAMAN

 Berbagai makanan sarapan pagi di PARIAMAN

katupek gulai tunjang

Katupek Gulai Tunjang

Katupek gulai tunjang adalah masakan populer di pariaman, atau lebih populer di sebut lontong ketupat gulai kikil. Diatas ketupat disiram kuah santan yang kuning dan kental, diatasnya ada beberapa potong gulai cubadak atau nangka muda, dan satu potong tunjang yang cukup besar yang masih melekat di tulangnya, diatasnya ditambahkan kerupuk merah dan emping goreng.

Tunjang adalah bagian kaki sapi yang diolah dengan cara direbus. Kuah ketupat yang kuning dan pekat terasa gurih dan agak sedikit pedas bumbu rempahnya terasa, biasanya gulai nangka atau pakis untuk gulai ketupat agar lebih encer kuahnya dan tidak menggunakan rempah, tapi karena gulai ketupat ini menggunakan gulai tunjang bumbu rempahnya sangat komplit.

Selain itu juga dikenal ada ketupat gulai jangek (kulit sapi) serta tak kalah lezatnya juga yaitu ketupat gulai paku (pakis). ketupat adalah makanan pemancing selera terutama pada sarapan pagi di Piaman.

Katupek Lamak

katupek lamak
Katupek lamak atau ketupat enak pada dasarnya sama dengan ketupat yang lainnya yakni beras yang dimasukkan kedalam sarang ketupat yang terbuat dari daun kelapa yang muda dan direbus selama lebih kurang 3 jam. Namun dalam proses pematangannya katupek lamak direbus dengan santan. Resapan santan itu membuat ketupat akan terasa lebih enak atau lamak.

Berbeda dengan ketupat sayur atau lontong, katupek lamak hanya dimakan dengan kuah cabe sekilas panganan ini terasa kurang menggugah selera, namun ketika anda mencoba sedikit saja maka anda akan menemukan sensasi rasa manis, pedas dan asam dari kuah cabe yang menyertainya. Dan katupek lamak ini akan terasa semakin enak jika dimakan dengan berbagai jenis sala: sala cumi, sala maco, sala udang ataupun sala bulek.

Dimana makanan ini ada nya!  

Semua makanan ini dapat anda jumpai di Pariaman kota kecil yang mengandalkan pantai dan pulau sebagai destinasi wisatanya. Dipasar kuraitaji biasa warga kota menyebutnya los lambuang, nah dipasar ini pagi hari banyak sekali jenis sarapan pagi yang akan anda jumpai.

lontong katupek

#mari datang ke kota Pariaman cicipi berbagai kulinernya.   

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...