-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Gulai kapalo lauak/gulai kepala ikan masakan Khas Piaman

 Gulai kapalo lauak

foto "Disparbud pariaman"

Ikan kerapu, ikan capa dan ikan tuna begitu mudah didapat disini, hanya dengan duduk diwarung nasi ikan itu akan tagaletak dihadapanmu lengkap dengan balutan bumbu dan kuah yang membuat ngiler meneteskan selera. Terkadang orang berkunjung ke Pariaman hanya untuk makan gulai ikan kemudian tertidur pulas di palanta tempat makan yang sudah ada di warung nasi. Mendongakkan kepala kea rah pantai lalu pulang kata yang punya warung nasi di Piaman.

Gulai ikan karang menjadi makanan khas Sumatra barat kususnya Piaman yang terletak di pinggiran laut ini. Banyak orang berburu gulai ikan karang Piaman apalagi kepalanya. Masakan ikan dengan menggunakan santan ini sudah diwariskan turun-temurun.

Beda dengan masakan ikan di kota padang kota tetangga Piaman lebih banyak menggunakan ikan sisik atau ikan tuna dan ikan tongkol yang dagingnya lebih padat, di Piaman ikannya adalah ikan karang seperti ikan kakap yang berdaging lembut dan manis.

Ada beberapa jenis gulai ikan karang yang dijual yang berkuah kuning dan berkuah merah, ikan karang yang berkuah kuning ini menggunakan cabe rawit hijau yang digiling sedangkan yang berkuah merah menggunakan cabe merah jadi sama-sama pedas apalagi yang berkuah kuning itu biasanya masih ditambah lagi dengan beberapa butir cabe rawit.

Tampilannnya memikat, potongan gulai ikan kakap merah ini tenggelam didalam kuah kuning dari santan yang kental dihiasi beberapa butir cabe rawit utuh dan beberapa helai daun pucuk ubi kayu.


Rasanya lezat dan nikmat sekali.

#kulinerPiaman

#makanankhaspiaman  

Share This Article :
1745663973787222366

Nama Mesjid Raya Sumbar Akan Diganti: Sebuah Refleksi Tentang Estetika dan Identitas Ini Alasannya

Piamanexplore- Mesjid Raya Sumbar, salah satu mesjid terbesar di sumbar dan destinasi wisata religius di Sumatera Barat, resmi mengubah nama...