-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Posisi Ketika Dalam Barisan Pendakian tracking maupun hiking

 Posisi Ketika Dalam Barisan Pendakian

foto "Surya dipa nusantara blog"

Bagi kalian yang hobi mendaki gunung, Tracking atau sekedar hiking yang belum punya banyak pengalaman kalian harus tahu soal posisi pendakian, istilah-istilah ini wajib diketahui agar gak bingung.

1.      Navigator. Adalah sipenunjuk jalan, biasanya selalu berjalan paling depan mengecek jalan sudah benar atau belum, sambil tetap koordinasi dengan leader tanggung jawab navigator lumayan berat.

 

2.      Leader. Adalah pemimpin team, gak mesti di depan posisinya tapi biasanya dibelakang navigator atau di tengah team tuganya Cuma memberi keputusan berdasarkan kondisi dilapangan, biasanya pemimpin yang dipilih menjadi leader dalam sebuah pendakian adalah orang memiliki ketahanan tubuh yang kuat dan memiliki wawasan yang baik tentang jalur pendakian.

 

3.      Chef. Bagi pendaki perlu di istimewakan karena dia kita tidak akan kelaparan saat pendakian orang yang paling sabar menunggu masakan matang bahkan saat anggota lain masih tidur atau sibuk berselvi dia sabar memasak dan menunggu masakan untuk dihidangkan.

 

4.      Logistik. Orang yang memastikan apa saja bahan atau peralatan untuk chef tanpa terkecuali.

 

5.      Follower. Si pengikut bisa karena baru atau bisa juga karena memang gak punya kemampuan untuk bersaing sebagai navigator, leader atau sweeper posisi bebas boleh posisi dimana saja asal di depan sweeper.

 

6.      Sweeper. Merupakan orang yang bertugas sebagai penyapu rombongan pendakian agar tidak ada barang dan pendaki yang tertinggal. Sweeper biasanya berada paling belakang dalam rombongan.


   nah inilah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pendakian

 

 

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Nama Mesjid Raya Sumbar Akan Diganti: Sebuah Refleksi Tentang Estetika dan Identitas Ini Alasannya

Piamanexplore- Mesjid Raya Sumbar, salah satu mesjid terbesar di sumbar dan destinasi wisata religius di Sumatera Barat, resmi mengubah nama...