-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Kipang kacang oleh-oleh khas Piaman

 Kipang kacang oleh-oleh khas Piaman

kipang kacang yang sudah di packing

Kipang kacang merupakan salah satu dari sekian banyak makanan khas kota pariaman. Pembuatan kipang kacang tidaklah rumit namun perlu sedikit ketelitian dalam mengaduk bumbunya sebuah karya yang tidak saja melibatkan tangan tetapi juga hati.

Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan kipang kacang adalah kacang tanah segar dan gula aren merah yang dipanaskan dan dilarutkan dengan air. Kacang yang digunakan adalah kacang tanah yang berkualitas bagus yang digongseng diatas api bara kelapa.

Kacang tanah dan gula aren merah itu diaduk hingga menjadi adonan yang padu. Setelah itu, adonan tersebut didinginkan untuk membentuknya supaya dapat dikudap, adonan yang telah dingin lalu di pres rata lalu di potong kotak seukuran dua jari lalu dikemas dengan daun pisang kering. Jika sudah begitu kipang kacang siap disajikan, di kota pariaman kipang kacang banyak dirintis pada industri rumah tangga.

Sepintas cemilan kipang kacang ini tampak biasa saja tapi cobalah anda cicipi rasanya yang manis, gurih dan renyah akan membuat anda ketagihan. Jika anda ke pariaman biasa membawa oleh-oleh keripik balado cobalah lain kali anda tambahi dengan kipang kacang.

Makanan kecil ini dengan mudah bisa dibeli dipasaran makanan ini biasa dikemas dalam bungkusan plastik. Sejak kapan kipang kacang ini ada? Sejak dulu kala kipang kacang sudah ada diwariskan secara turun temurun.

Selain oleh-oleh untuk keluarga dirantau kipang kacang juga merupakan cemilan sehari-hari masyarakat Piaman makanan ini bukan makanan yang biasa dibuat ketika lebaran tapi sudah jadi makanan cemilan sehari-hari.


Rasanya yang khas membuat orang tak bosan dengan cemilan yang satu ini.

Share This Article :
1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...