-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Eloknya Nagari Aia Bangih Pasaman Hingga Warga Demo Menolak Proyek Strategis Nasional

Piamanexplore-Warga Nagari Air Bangis, Pasaman Barat, Sumatera Barat kini sedang berusaha menolak pembangunan Proyek Strategis Nasional yang dicanangkan oleh pemerintah.

Sebanyak 1.500 warga Desa atau Nagari Air Bangis di Sumbar itu menolak rencana pembangunan kawasan industri petrokimia yang diajukan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

Mereka mengkhawatirkan dampak pembangunan proyek tersebut, hilang lahan yang telah menjadi sumber mata pencaharian mereka selama puluhan tahun.

Aksi penolakan telah berlangsung selama hampir sepekan di Kota Padang.

Penolakan itu berujung pada pemulangan paksa ribuan orang dan penangkapan sewenang-wenang pada belasan aksi massa oleh kepolisian.

Warga merasa cemas dengan rencana pembangunan industri petrokimia ini, karena takut dampaknya akan merugikan kehidupan mereka dan mengganggu keseimbangan lingkungan di daerah tersebut.

Lahan-lahan yang digunakan untuk bertani atau beraktivitas lainnya akan hilang, sehingga mengancam sumber penghasilan mereka yang telah diandalkan selama bertahun-tahun.

Nah di luar masalah tersebut, Nagari Air Bangis merupakan salah satu tempat wisata yang menarik di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Nagari Air Bangis merupakan satu-satunya nagari yang terletak dalam wilayah administratif Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat.

Dikutip dari laman jaringan desa wisata Kemenparekraf, Nagari Air Bangis ini memiliki luas wilayah yang sama dengan luas wilayah Kecamatan Sungai Beremas.

Secara geografis, Nagari Air Bangis berada di koordinat 000 09’ – 000 31’ LU dan 990 10’ – 990 34’ BT dengan ketinggian antara 0 hingga 319 mdpl.

Luas wilayah Nagari ini mencapai 440,48 kilometer persegi, yang setara dengan sekitar 11,33 persen dari luas wilayah Kabupaten Pasaman Barat.

Nagari Air Bangis memiliki batas wilayah langsung dengan Samudera Indonesia di sebelah Selatan, Kecamatan Ranah Batahan di sebelah Utara, Provinsi Sumatera Utara di sebelah Barat, dan Kecamatan Koto Balingka di sebelah Timur.

Beberapa destinasi wisata unggulan di Nagari Air Bangis adalah Taman Nagari Pantai Air Bangis, Pantai Tugu, Pulau Wisata, Hutan Mangrove Wisata, dan berbagai wisata bahari lainnya.

Tempat-tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke sana. Selain itu, untuk melengkapi kunjungan wisata Anda ke Nagari Air Bangis, Anda dapat memilih beragam oleh-oleh khas dari Air Bangis sebagai kenang-kenangan.

Desa Wisata Nagari Air Bangis menawarkan berbagai pilihan paket wisata dan oleh-oleh untuk para pengunjung.

Selain menawarkan wisata bahari yang beragam, desa wisata ini juga menghidangkan wisata budaya berupa Tari Pilin Salapan dan kesenian Basiram.

Wisata kuliner di Desa Wisata Nagari Air Bangis juga menjadi pilihan menarik bagi para wisatawan yang datang.

Beberapa kuliner ikonik dari tempat ini antara lain adalah Gulai Hiu dan ikan asin talang.

Sejak 2002, Nagari Air Bangis telah dijadikan sebagai pusat pariwisata oleh pemerintah setempat.

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...