-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Lapek sagan, Nikmati Kelezatan Makanan khas Minang Yang Kaya Rasa Dan Sejarah

Piamanexplore-Lapek sagan adalah makanan khas minang yang telah masyhur di Indonesia, makanan ini terbuat dari pisang dan beras ketan yang dibungkus daun pisang.

Rasanya begitu lezat dan unik serta mengandung nilai histori yang mendalam bagi masyarakat Minangkabau.

Cita rasa manis dan aroma yang menggoda dari pisang akan membuat siapapun tak akan berhenti menyantapnya.

Dulunya, lapek sagan biasa dihidangkan pada acara-acara adat sebagai hantaran di acara peminangan. Namun kali ini bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional.

Tak jarang pula dijadikan kudapan teman minum teh dan kopi. Namun saat ini, makanan khas Minangkabau ini sudah jarang ditemukan.

Hal ini diakui oleh warga Lubuk buaya Rasima, 70 yang berjualan lapek sagan dengan berkeliling beberapa kompleks di sekitar rumahnya.

"Setiap saya membuat lapek ini, selalu habis dan banyak yang suka. Tak jarang pula banyak yang mengatakan kalau tidak lagi menjumpai jajanan ini di beberapa tempat kue tradisional," ujar Rasima beberapa waktu lalu.

Dia menceritakan, untuk membuat sekitar 55 lapek dalam sehari, dia membutuhkan sekitar satu sisir pisang, satu liter beras ketan, satu buah kelapa muda yang sudah diparut dan seperempat gula aren.

Rasima menjual lapek sagan yang dibungkus daun pisang dengan bentuk segitiga tersebut dengan harga Rp 1.500 perbuahnya, "Alhamdulillah selalu habis karena banyak yang suka," sambung día.

Saat ini, Rasima hanya menjajakan jajanan tersebut dengan berjalan kaki disekitar kompleks rumahnya.

Selain itu, dia juga sering menerima pesanan lapek untuk beberapa acara arisan maupun rapat di beberapa sekolah-sekolah.

"Saya juga biasa membuat lapek labu yang saya jual dengan harga yang sama. Sama-sama sudah jarang ditemukan, makanya saya fokuskan untuk membuat dua camilan khas Minang ini," sebutnya.

Lapek sagan adalah makanan khas Minangkabau atau telah dikenal dan disukai oleh banyak orang di Indonesia.

Yuk cicipi kelezatan lapek sagan dan rasakan sensasi seperti tak ada hidangan lainnya.

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...