-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Wisata Bumi Kilalang Dan Nagari Digital Pertama Di Sumatera Barat Yang Membanggakan

Piamanexplore-Sebenarnya nagari digital pertama di sumatera barat ini sudah beberapa tahun lalu dinobatkan sebagai nagari digital pertama bahkan se sumatera.

Namanya nagari Lubuak Batingkok yang terletak di 50 kota sumatera barat.

Nagari Lubuak Batingkok nagari digital pertama di sumatera ini di launching atau diresmikan oleh gubernur sumbar pada tahun 2022.

tulisan ini layak di publish lagi karena potensi wisatanya yang bagus "kilalang view" namanya, yang nanti patut kita bahas.

Nagari ini menggunakan aplikasi SimpleDesa dari Smart Village Nusantara (SVN) PT. Telkom Indonesia, untuk menunjang kinerja pemerintahan nagari atau desa berbasis cloud.

Peresmian yang mengambil tema 'Nagari Madani, Lubuak Batingkok Berinovasi' itu dipusatkan di kawasan wisata Kilalang, Jorong Tigo Balai.

Dalam kesempatan yang sama, Nagari Lubuak Batingkok juga diresmikan sebagai Nagari Wisata Digital.

Kata Gubernur Gubernur, Nagari Lubuak Batingkok memiliki banyak potensi wisata unik, kuliner khas, wisata edukasi maupun sejarah.

Terkait wisata sejarah, di nagari ini pernah terjadi peristiwa penyerangan penjajah belanda terhadap pejuang PDRI, hingga menghanguskan 49 rumah masyarakat.

Gubernur meminta agar dilokasi tersebut dibuatkan monumennya.

"Saat ini Telkom telah lakukan penarikan jaringan di 3 jorong di Lubuak Batingkok. Semoga jadi penggerak ekonomi nagari dan Sumbar. Untuk nagari lainnya di Sumbar, kita siap support," kata pihak telkom.

"Nagari wisata atau nagari digital suatu hal yang baru bagi kami. Dengan pengalaman yang baru dan sarana prasarana yang minim, kami berupaya dan bersemangat seluruh unsur masyarakat untuk membesarkan nagari.

Dengan telah adanya jaringan telekomunikasi dan digitalisasi melalui aplikasi SimpleDesa, segala urusan administrasi masyarakat nagari benar benar simple.

Semoga kedepan juga ada perbaikan dan pelebaran jalan di nagari kami ini," ucap walinagari lubuak batingkok.

Wisata Kilalang Views Yang Bikin Takjub

foto Ig
Kilalang, destinasi wisata yang menakjubkan, menawarkan pemandangan alam yang memesona jika Anda berencana untuk menjelajahi 50 kota di Sumatera Barat.

Di sini, Anda akan menemukan keindahan alam yang luar biasa dan pemandangan subur gunung-barisan.

Kilalang view terletak di nagari Lubuak Batingkok 50 kota nagari yang dinobatkan sebagai nagari digital pertama di pulau Sumatera.

Kilalang view menawarkan beberapa kegiatan wisata menarik, seperti trekking dan camping di tengah alam yang masih alami.

Selain itu, Anda bisa mengeksplorasi pemandangan yang menakjubkan dan menikmati sarapan pagi sambil menikmati keindahan matahari terbit.

Bagi pemuda dan pecinta fotografi, Bukit Kilalang juga menawarkan pemandangan yang sempurna sebagai latar belakang foto pre-wedding, foto keluarga, atau bahkan hanya sekadar selfie.

Dan yang terbaik dari semuanya, di sini Anda dapat menemukan suasana santai dan menyenangkan untuk melupakan segala permasalahan dari rutinitas sehari-hari.

Jangan ragu untuk meluangkan waktu dan mengumpulkan kenangan manis di Kilalang view.

Destinasi ini merupakan sebuah tujuan untuk tempat berkemah atau trekking, atau sekedar untuk melihat pemandangan pagi, matahari terbit dan matahari tenggelam membentang di antara pegunungan.

Menikmati sarapan pagi dengan panorama cahaya matahari akan memberikan sebuah pengalaman yang luar biasa.

Dalam kunjungan Anda ke kilalang view Anda dapat melupakan kepenatan rutinitas sehari-hari dan menikmati keindahan alam yang masih asli dan original.

Jangan ragu untuk memberikan waktu dan kesempatan untuk mengunjungi Bukit Kilalang dan merasakan kehidupan yang tenang, santai, dan penuh keceriaan di atasnya.

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...