-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

wisata alam air terjun pelangi dengan trekking mengasyikkan di padang pariaman

 Trekking menantang air terjun pelangi di kabupaten padang pariaman

spot air terjun pelangi

Sudah lama piamanexplore berniat menyusuri bagian hutan serta sungai menuju air terjun pelangi baru kali ini kesampaian setelah mendapati kontak pihak pengelola yang ingin mengiringi perjalanan untuk menyusuri lebatnya hutan yang menaungi setiap langkah perjalanan ke air terjun pelangi.

Air terjun pelangi salah satu objek wisata yang terletak di asam pulau nagari anduriang kecamatan 2x11 kayutanam kabupaten padang pariaman sumatera barat indonesia. lebih tepatnya jika anda ingin berkunjung simpang jalannya dekat dengan pasar lubuk alung simpang balah hilia lewat nagari pasia laweh terus ke asam pulau.

Wisata air terjun pelangi awal mula dibuka pada bulan maret tahun 2013 yang dikelola pokdarwis IPLC kepanjangan dari ikatan pelangi lubuak cukam, karena agar lebih simpel pihak pariwisata kabupaten padang pariaman menyebutnya pokdarwis air terjun pelangi.

Bagi anda wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun pelangi maka siapkan tenaga ekstra karena jalur utama yang akan dilalui cukup menguras tenaga dan sangat mengasyikkan menyusuri sungai, tiga kali nyeberang sungai, melewati bebatuan besar, terowongan batu, dan lebatnya hutan bukit barisan. Air terjun pelangi mempunyai tinggi 60 meter mengalir dibawahnya sungai gariang. Namanya air terjun pelangi karena jika cuaca bagus pada siang menjelang sore biasanya ada pelangi disekitaran air terjun yang menjadi daya tarik lebih bagi wisatawan.

salah satu terowongan batu yang akan dilalui
 Perjalanan anda akan tersita oleh keindahan spot-spot yang akan dilalui banyak nya air terjun mini yang akan anda jumpai disepanjang perjalanan yang keluar dari sela-sela bebatuan besar membuat anda takjub akan ciptaan Tuhan.

Dari posko air terjun jauh perjalanan hanya 1,1 km sekitar 45 menit tapi jalur utama nya cukup menantang menyita perhatian akan keindahannya. Jika air sungai meluap maka ada jalur alternative yang akan dilalui melewati sisi perbukitan dengan pemandangan menjadi kurang menarik lebih mempersingkat waktu hanya hutan saja yang dilalui terus menyeberangi jembatan pipa PDAM yang cukup tinggi.

Air terjun pelangi mempunyai keunggulan diantaranya pengunjung akan disuguhi pemandangan seakan berada didalam pelangi itu sendiri medan yang ditempuh masih sangat asri berada di sekitar kawasan  hutan bukit barisan pada beberapa tepat disekitar lokasi air terjun pelangi banyak lubuak tempat-tempat pemandian dengan air yang jernih dan bersih yang langsung bersumber dari gunung yang belum terkontaminasi oleh pencemaran lingkungan apapun dan bisa langsung diminum.

salah satu spot pemandian menuju air terjun
Pada saat pandemi covid ini wisatawan pun sepi yang datang bahkan hampir tidak ada jalur yang biasa ditempuh kini sudah tertutup rimbunan hutan, posko kedatangan tamu pun sudah lapuk dan tak layak saat ini. Dulu sekitar tahun 2017 ketika masa ramainya wisatawan seminggu ada sekitar seribuan orang yang datang mulai dari anak Sekolah Dasar, SMA hingga perguruan tinggi. Wisatawan lokal maupun daerah riau, jawa bahkan ada turis dari australia dan eropa juga pernah datang berkunjung.

Tips bagi wisatawan: bawalah baju ganti karena anda akan menyeberangi beberapa kali aliran sungai menuju air terjun, gunakan sendal yang cukup kuat yang tidak licin yang dapat melindungi kaki anda dari bebatuan, duri dan hal lainnya.

Bawalah snack, makanan dan minuman yang akan anda nikmati sepanjang perjalanan jangan lupa kopi bagi anda penikmat kopi.

Siapkan budget Rp20.000 minimal 5 orang atau Rp100.000 untuk sepaket yang kurang dari lima orang. Perjalanan harus ditemani oleh pendamping dari pengelola air terjun pelangi. Jangan lupa kamera untuk berswafoto.

Kontak admint An. Wedi media 0822 8698 5989.


  

#Piaman aja

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...