-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Nipah yang terabaikan padahal tumbuh subur di pesisir pantai piaman

 Buah nipah ternyata enak dan segar

buah nipah setelah dikupas

Penulis awal mula kenal dengan buah nipah pas sewaktu berkunjung wisata ke green talao park di ulakan tapakis kabupaten padang pariaman, padahal sudah setua ini sudah kepala 4. Ketika itu ada yang menjual es buah nipah dilokasi wisata dan di coba beli harganya pun tak mahal sekitar Rp5.000 satu cup nya, beberapa buah nipah yang sudah di ambil isinya di campur susu, sirup dan es rasanya segar enak dan isi buahnya persis seperti buah kolang kaling jika yang agak muda rasanya mirip seperti kelapa muda.

Ternyata buah nipah banyak manfaat dan khasiatnya tapi kenapa di sumatra barat kusunya di Piaman tumbuhan buah nipah ini tak begitu populer padahal hampir di semua pesisir pantai di piaman tumbuhan nipah sangat banyak di jumpai.

Tanaman ini cukup aplikatif  baik di indonesia sendiri maupun luar negeri. Seperti jenis palem umumnya yang memiliki berbagai kegunaan, nipah berpotensi sebagai bahan pangan yang cukup banyak mengandung karbohidrat, lemak, protein dan vitamin. Selain itu, nipah juga memiliki beragam potensi untuk kebutuhan sehari-hari, seperti bahan bakar, bahan atap rumah, bahan kerajinan, dan produk lainnya, namun potensinya sampai saat ini masih belum dimanfaatkan secara maksimal.

foto dengan latar pohon nipah
Menurut wikipedia Nipah adalah sejenis palem /palma yang tumbuh di lingkungan hutan bakau atau daerah pasang-surut dekat tepi laut. Nipah disebut juga sebagai Nypa fruticans merupakan tumbuhan dengan jenis palem (palma) yang tumbuh di lingkungan hutan bakau atau daerah pasang-surut di dekat tepi laut. Tumbuhan nipah mempunyai batang terendam di bawah lapisan lumpur yang menjalar di bawah tanah dengan tebal batang kira-kira 6cm.

Daunnya tumbuhan nipah yang tumbuh dapat mencapai 7 meter dan tangkai bunganya dapat mencapai 1 meter. Kulit tanaman nipah ini memiliki tekstur yang sangat keras berwarna hijau dan akan berubah menjadi warna cokelat ketika kondisi tanaman nipah tersebut sudah tua. Namun, bagian dalam dari akar terlihat lebih lunak seperti gabus. Tumbuhan nipah biasanya tumbuh subur di bagian belakang hutan bakau. Tumbuhan ini paling banyak ditemukan di bagian tepi sungai atau laut yang memasok lumpur ke pesisir. Namun, beberapa penelitian menyebutkan bahwa tumbuhan ini lebih baik di daerah rawa yang memiliki tanah yang kaya akan bahan organik.

Daun nipah yang masih muda banyak dimanfaatkan secara tradisional untuk kertas rokok. Tangkai daun dan pelepah nipah dapat digunakan sebagai bahan kayu bakar yang baik. Pelepah daun nipah juga mengandung selulosa yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan pulp (bubur kertas). Lidinya dapat digunakan untuk sapu, bahan anyam-anyaman dan tali.


Mengingat Piaman yang banyak terdapat tumbuhan nipah kedepan semoga ada wisata dan edukasi khusus untuk tanaman ini.

#Piaman wisata

 

Share This Article :
1745663973787222366

Nikmati 7 Wisata Unggulan Nan Indah di Sumatera Barat Yang Jarang Kamu Ketahui

Piamanexplore- Sumatera Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan keindahan alam dan budaya. Provinsi ini memiliki bany...