-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

mesjid tuwo ampek lingkuang mesjid tertua nomor 2 di padang pariaman

 Mesjid ampek lingkuang Kabupaten Padang pariaman Sumatra Barat

tampak dari depan

Mesjid ampek lingkuang terletak di korong balah hilia nagari lubuk alung kecamatan lubuk alung padang pariaman, mesjid ampek lingkuang sangat mudah diakses baik kendaraan roda dua maupun lebih hal ini karena mesjid terletak di pinggir kampung beraspal dalam kondisi baik dan berada tidak jauh dari jalan raya padang-bukittinggi

Mesjid ampek lingkuang didirikan pada tahun 1867 pertengahan abad ke 19 dan menjadi mesjid tertua di lubuk alung dan menjadi mesjid tertua nomor dua dikabupaten padang pariaman. Di sebut mesjid ampek lingkuang karena dibangun  oleh empat suku (kaum) dari balah hilia, singguliang, sungai abang dan koto buruak.

beduk di ruang serambi
Secara morfologis mesjid ampek lingkuang mempunyai bentuk yang sama dengan mesjid kuno lainnya di minangkabau (sumatra barat) hal ini ditandai dengan bangunan atau ruang utama yang berdenah bujur sangkar (persegi panjang), atapnya berbentuk tumpang (tingkat) dan lantai yang ditinggikan.

Mesjid ampek lingkuang berada di areal seluas 2.500 m2 (50mx50m) mesjid ini bisa diakses melalui pintu masuk yang ada disisi utara selatan dan timur (serambi) bangunan utama mesjid  berukuran 20m X 20m sedangkan ruangan utamanya berukuran 15m X 15m dengan satu buah tiang besar utama yang terletak di tengah ruangan dan delapan buah tiang pendamping yang terletak secara konsentris di sekitar tiang utama.

Disisi barat ruang utama terdapat mihrab berdenah persegi panjang berukuran 4,5 X 2 m. sementara disisi timur ruang utama terdapat serambi berdenah persegi panjang berukuran 12m X 7m. di ruang serambi ini terdapat bedug mesjid. Disebelah timur serambi terdapat bangunan tempat wudhu. Mesjid ini juga dilengkapi fasilitas parkir disisi selatan mesjid. Secara umum mesjid ini terbuat dari mortar campuran bata, batu, dan plesteran kecuali atap yang terbuat dari seng. 


#Piaman aja

Share This Article :
1745663973787222366

Rohana Kuddus Srikandi Islam Wanita Minang Sahabat Pena R.A Kartini

Piamanexplore- Setiap tanggal 21 April, bangsa Indonesia memperingati hari Kartini. Mengapa Kartini yang lebih dikenang padahal banyak perem...