-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

7 Daerah dengan Suhu Terdingin Di Indonesia Lengkap Dengan Foto

foto instagram
Indonesia memiliki iklim Tropis. Sebenarnya ada 3 jenis iklim di Indonesia yaitu iklim Tropis, Iklim Laut, dan iklim musim.

Iklim Tropis yaitu  Iklim tropis memiliki suhu harian, bulanan, tahunan yang tinggi dan amplitudo harian kecil. Iklim tropis mengakibatkan banyak hujan yang disebut dengan hujan naik tropika. Iklim tropis Indonesia tergolong basah atau lembab.

Iklim laut yaitu Iklim laut disebabkan oleh wilayah kepulauan Indonesia yang memiliki banyak laut. Iklim laut cenderung lembab dan mendatangkan hujan. Iklim ini juga dipengaruhi oleh keberadaan angin darat dan angin laut.

Iklim Musim yaitu Bentuk iklim yang dipengaruhi oleh arah angin yang berubah setiap enam bulan sekali yaitu iklim monsun atau musim. Iklim ini menyebabkan Indonesia memiliki dua musim, yakni musim hujan dan kemarau.

Di Indonesia selain 3 musim iklim yang terjadi setiap tahun sobat perlu tahu ada beberapa banyak daerah yang memiliki suhu terdingin yaitu:

Gayo Lues, Aceh Gayo berasal dari bahasa aceh kuno yang di adopsi dari bahasa sanskerta yang arti nya Gunung dan Lues berarti Luas dalam bahasa setempat. Maka dapat di simpulkan Gayo Lues berarti gunung luas atau pegunungan yang luas yang terletak di gugusan bukit barisan, pantasan daerah ini tergolong dingin yang memiliki suhu 24 derajat celcius.

foto instagram
penduduk kabupaten Gayo Lues berasal dari berbagai etnik dan suku. suku Gayo, Aceh, Jawa, Alas, Karo, Melayu, Tionghoa, Batak Mandailing, Minang, Batak Toba, Singkil, Batak Pakpak dan Kluet dll. Kabupaten yang berpenduduk multi etnis ini sedang berbenah diri untuk mengejar ketertinggalannya dalam pembangunan. Potensi pertanian menjadi prioritas utama pengembangan.

Mamasa, Sulawesi Barat Kabupaten Mamasa merupakan destinasi utama Pariwisata di Provinsi Sulawesi Barat. Kabupaten Mamasa memiliki beberapa objek wisata, yaitu Wisata Budaya Kuburan Tedong-tedong di Kecamatan Balla, Minanga di Sesenapadang, Wisata Alam Air Terjun Sarambu, Permandian Air Panas di Desa Rambusaratu' Kecamatan Mamasa,wisata alam air terjun Sambabo dengan ketinggian +/- 100 meter di kecamatan Bambang Agro Wisata Perkebunan Markisa di Kecamatan Mamasa, Wisata Budaya Rumah Adat, Perkampungan Tradisional Desa Ballapeu, Tradisi Mebaba' dan Mangngaro di Nosu merupakan tradisi yang unik. Daerah mamasa ini memiliki suhu 23 derajat celcius.

landscape mamasa foto instagram
Mulia, Papua tak banyak yang tahu bahwa kota mulia papua menjadi daerah terdingin di Indonesia curah hujan terjadi sepanjang tahun. Kota mulia berada di kabupaten puncak jaya , satu satu nya derah yang berpenghuni yang berada di ketinggian yang dikelilingi pegunungan puncak jaya.

Pegunungan puncak jaya sendiri adalah gunung yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian hampir mencapai 5.000 Mdpl tepatnya 4884 Mdpl. Daerah mulia papua memiliki suhu mencapai 9 derajat celcius pada malam hari.

Batu, Jawa Timur Batu dikenal sebagai salah satu kota wisata terkemuka di Indonesia, karena potensi keindahan alam yang luar biasa. Kekaguman bangsa Belanda terhadap keindahan dan keelokan alam Batu membuat wilayah kota Batu disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss dan dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa[7] Bersama dengan Kota Malang dan Kabupaten Malang, Kota Batu merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya. 

wisata cangar kota batu
Wilayah Kota Batu terletak di kaki dan lereng pegunungan dan berada pada ketinggian rata-rata 700-2.000 m di atas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata mencapai 12-19 derajat Celsius. Batu dikelilingi beberapa pegunungan.

Ciwidey, Bandung Menurunnya suhu sehingga menambah kedinginan, bukan hal yang pertama kali, hampir setiap musim kemarau berlangsung wilayah Ciwidey yang memang terkenal dengan daerah pegunungan selalu mengalami suhu yang sangat dingin. Lembang dan Ciwidey merupakan dua kawasan di wilayah Bandung yang sampai saat ini menawakan kesejukan, bahkan bisa dingin sekali. Bahkan Lembang dan Bandung masuk dalam 7 wilayah yang masih bersuhu dingin di Indonesia. Suhu disini mencapai 13 derajat celcius.

wisata ciwidey foto@afrwn
Waghete, Papua Masih di Papua, Kota Waghete yang terletak di Kabupaten Deiyai juga menjadi salah satu daerah terdingin di Indonesia. Hal itu karena suhu di kota ini pada siang hari biasa dapat mencapai 15 derajat celcius. Di malam hari, suhu di kota Waghete bahkan bisa mencapai 10 derajat celcius.
waghete papua foto instagram
Berastagi, Sumatera Utara Berastagi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karo, provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Berastagi merupakan kecamatan terbesar kedua di dataran tinggi karo setelah Kabanjahe. Berastagi merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di Sumatra Utara, yang berbatasan dengan Sibolangit.
berastagi dengan latar gunung sibayak foto instagram
Berastagi berjarak sekitar 66 kilometer dari Kota Medan. Berastagi diapit oleh 2 gunung berapi aktif yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Daerah berastagi memiliki suhu dingin berkisar 20 derajat celcius.

Nah inilah 7 daerah di indonesia yang memiliki suhu paling dingin. Tulisan ini dikutip dari berbagai sumber.


#piamanexplore.com  

Share This Article :
1745663973787222366

Tabek Mandi Sikabu–Kolam Renang Menyuguhkan Keindahan Alam diKaki Gunung Marapi

Piamanexplore- Tabek Mandi Sikabu adalah salah satu tempat wisata yang berada di Sumatera Barat. Terletak di Kabupaten Agam, tempat ini terk...