-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Rendang Dan Pelajaran Kehidupan Yang Bermanfaat

 Oleh Sutan mangkuto 

-------------------------

Rendang identik dengan masyarakat minang, di nobatkan sebagai makanan paling enak di dunia, di sukai, oleh semua suku, etnis, bangsa dan semua agama di muka bumi, bagi masyarakat minang rendang tidak sekedar Masakan, namun ada pelajaran hidup yang bisa kita renungkan bersama.

Rendang Asli minangkabau terbuat dari Daging kerbau pilihan, filosofi pelajaran yang bisa kita ambil dari Kerbau adalah.

 1. Kulit dan bulu kerbau

Bermanfaat untuk kebaikan, dijadikan sebagai TABUAH atau BEDUK, menyampaikan pesan, berita himbauan kepada orang banyak datang nya waktu Sholat, kemudian menyampaikan berita Duka, berita gembira, peringatan di tengah masyarakat.

 2. Tanduk kerbau

Di jadikan Alat kesehatan, mengeluarkan Darah Kotor pada tubuh manusia ( ALAT BEKAM )

 3. Daging, Tulang  Dan Jeroan kerbau

Di jadikan sebagai makanan, Masakan untuk ibadah (Qurban)

 4. Susu kerbau

sebagai minuman yang menyehatkan dan kadang di jadikan makanan dalam jamuan Adat masyarakat minang menyebut nya DADIAH. Dadiah adalah yoghurt khas sumatera barat. Dadiah ini semakin terkenal ketika chef kenamaan dunia gordon ramsay mencarinya ketika mengunjungi sumatera barat dalam salah satu episode Gordon Ramsay uncharted yang di tayangkan pada National Geographic Channel pada tahun 2020 lalu.

Dadiah makanan khas minangkabau
5. Kotoran kerbau

Membawa manfaat yang banyak, bagi pertanian, jadi pupuk, menyubur kan yang layu, menghijaukan yang gersang.

 6. Tenaga kerbau

Berguna untuk mengolah lahan pertanian,(PEMBAJAK SAWAH,LAHAN ) tempat tumbuh cadangan makanan bagi banyak orang,mengangkut barang (PEDATI).

Begitu pelajaran hidup, manfaat dan kebaikan Kerbau.

Kemudian RENDANG Menggunakan, memakai banyak Kelapa, pelajaran yang bisa di ambil dari Kelapa adalah.

 1. Kelapa berada pada tempat yang tinggi

mengajar kan kesantunan, rendah hati , karna turun dari tempat nya yang tinggi terhormat untuk memberi manfaat .

 2. Daun Dan Lidi Kelapa

berguna untuk Ketupat, Janur dan lidi nya jadi sapu membersih kan sampah yang berserakan,

 3. Air, Isi, Kulit Dan Batok Kelapa

sebagai Obat, sebagai minuman yang menyehat kan, Isi jadi santan, ampas nya pembersih lantai, batok nya sebagai perapian, arang untuk memasak makanan.

 4. Batang kelapa

batang kelapa bermanfaat jadi pagar,di bangun kan Rumah,surau dan balai adat ,

Itu lah pelajaran Hidup dari kelapa,

Rendang di masak dengan banyak bumbu,daging di campur, di baluri bumbu, Cabe, asam, garam dan bumbu2 lain nya, di aduk dalam kancak besar, di aduk dengan sendok besar, di panas kan sampai mendidih, mengeting dalam rentang waktu yang sangat lama, dengan itu lah Rendang akan tahan lama, di sukai oleh orang se dunia.

Pelajaran Hidup nya adalah,bahwa ingat lah kita adalah seonggok daging yang harus menerima luka dan ujian, keresahan, di aduk - aduk oleh masalah bahkan sampai jiwa seolah - olah mengering Garam, asam dan cabe adalah ujian yang menghadir kan kepedihan, sakit, sendok adalah masalah yang akan mengaduk - aduk pikiran kita, api adalah fitnah yang membuat resah diri.

Inti Dari Rendang Adalah

Gunakan lah Ilmu, jabatan, hati, jiwa dan pikiran, langkah, tangan untuk kebaikan banyak Orang, bersikap lah santun, rendah hati buang semua keburukan, dan bersabar, tahan lah cobaan, Ujian yang datang,insha allah kita akan di sukai,di harap kan,di senangi semua orang,

Bayang kan Jika rendang menggunakan Daging lain

Manfaat apa yang bisa di ambil selain dari hanya untuk sekedar makanan, dan hanya orang - orang tertentu saja yang bisa memakan nya, sedang kan daging Kerbau bisa di makan semua orang,semua suku, etnis dan agama di muka Bumi, dan meninggal kan manfaat lain atas anggota tubuh nya, boleh di kata tak ada yang tidak bermanfaat yang ada dari setiap anggota tubuh Kerbau.


#piamanexplore.com

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...