-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

7 Hal Ranah Minang yang Mendunia dan mempesona Lengkap Dengan Foto

piamanexplore
Suku Minangkabau sumatera barat Indonesia memiliki sejuta pesona. pesona Minang bukan hanya terlihat dari destinasi wisata nya saja akan tetapi kebudayaan, kulinernya yang lezat, etnis yang beragam, serta berbagai keseniannya yang semarak. pesona ini bukan hanya terkenal di Nusantara, akan tetapi melegit hingga mancanegara.

Berikut ini adalah 7 hal di ranah minang yang membuat kita bangga menjadi bagian dari Minangkabau :

1. Tari Piring, Termasuk Tujuh Seni Tarian Indonesia yang Mendunia

foto anak-anak minang
Tari Piring atau dalam bahasa Minangkabau disebut dengan Tari Piriang adalah salah satu seni tari tradisional di Minangkabau provinsi Sumatera Barat. Tarian ini dimainkan dengan menggunakan piring sebagai media utama.

Tari Piring merupakan tarian khas Minang yang memiliki pesona tersendiri sehingga membuatnya terkenal hingga mancanegara. Pada awalnya, Tari Piring ini merupakan ritual ucapan rasa syukur masyarakat setempat kepada dewa-dewa setelah mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah. Ritual dilakukan dengan membawa sesaji dalam bentuk makanan yang kemudian diletakkan di dalam piring sembari melangkah dengan gerakan yang dinamis. Setelah masuknya agama Islam ke Minangkabau, tradisi Tari Piring tidak lagi digunakan sebagai ritual ucapan rasa syukur. Akan tetapi, tari tersebut digunakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat banyak yang ditampilkan pada acara-acara keramaian.

2. Kerambit, Senjata Paling Berbahaya nomor 2 di Dunia

foto ilustrasi
Kerambit adalah pisau genggam kecil imut berbentuk melengkung yang digunakan pendekar di Minangkabau, dan tersebar ke Indonesia, Malaysia, Negara Barat menyebut pisau ini kerambit, sedangkan di Minangkabau disebut kurambik, karambik, kurambiak/karambiak. Senjata ini termasuk senjata berbahaya karena dapat digunakan menyayat maupun merobek anggota tubuh lawan secara cepat dan tidak terdeteksi. 

Karambit berasal dari Minangkabau yang menyebar ke seluruh Nusantara. kerambit berawal dipakai pesilat minang diwarisi oleh ninik mamak, Pesilat minang bilang bahwa orang amerika menyebut kerambit nomor 2 berbahaya dari pada pistol. Senjata kerambit dulunya didesain menyerupai taring harimau atau kuku elang.

kerambit senjata tradisional Minang yang banyak dipakai tentara di dunia.

3.Nagari Pariangan. Desa Terindah di Dunia Ternyata juga ada di Minang.

nagari pariangan
Nagari Pariangan berada di lereng Gunung Marapi, Desa tertua di Minangkabau dan pernah di nobatkan sebagai desa terindah didunia oleh laman Travel Budget Amerika Serikat.

Disejajarkan dengan desa Eze di Perancis dan desa Wengen di Swiss.
 

Salah satu pesona minang juga terletak di sebuah desa. Desa ini bernama Pariangan atau Nagari Pariangan. Lokasinya tepat di lereng Gunung Marapi atau sekitar tiga jam perjalanan dari Padang. Selain umur yang sudah tua, ada hal lain yang membuat tempat ini dinobatkan sebagai desa terindah di dunia. Nagari Pariangan, yang terletak di kaki gunung merapi kabupaten Tanah Datar ini, ternyata menjadi terindah di dunia.

“Anugerah yang amat luar biasa kini didapat masyarakat Pariangan, nagari tuo di Ranah Minang. Majalah Travel Budget terbitan New York yang menyandangkan predikat desa terindah di dunia untuk nagari ini,” ujar Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi, Kamis (1/9), di nagari berhawa sejuk itu.

4. Mentawai, Surga Peselancar Dunia

foto tukang jalan
Pesona Minang juga terletak di destinasi wisatanya, yaitu Mentawai. Mentawai yang merupakan salah satu Kabupaten di Sumbar terkenal ke seluruh dunia karena ombaknya yang banyak digemari para pecinta olahraga Surfing. Bahkan mendiang Paul Walker, salah satu pemeran di film Fast and Farious sangat mencintai Mentawai hingga ia menitipkan sebuah petisi untuk menjaga Mentawai. Selain itu Mentawai juga terkenal karena kebudayaannya. Tatto Mentawai konon merupakan salah satu tatto tertua di dunia.

Pengakuan yang diberikan oleh dunia internasional pada ombak mentawai bisa dilihat dari even selancar yang diadakan di kepulauan ini. Tiap tahun, Mentawai ditunjuk sebagai penyelenggara World Champions Surfing Series atau Seri Kejuaraan Dunia Selancar Air yang dijadwalkan tiap bulan Agustus. Dengan adanya kejuaraan ini, Mentawai bisa menjaring 3000 wisatawan asing pada 2007. Sebanyak 60% dari wisatawan yangdatang berasal dari Australia, 39% dari Amerika Serikat, dan sisanya dari Eropa, dan Asia. Tiap wisatawan rata-rata menghabiskan US$ 2.500 selama berselancar di Mentawai.

5. Mesjid Mahligai Minang, Termasuk salah satu Arsitektur Mesjid Paling Unik Di Dunia.

foto sumbar sedunia
Mahligai Minang tidak semata-mata sebuah masjid, tetapi sebuah identitas yang akan menjadi pusat peradaban, di mana salah satu bangunan utamanya adalah bangunan masjid. Di situlah perpaduan antara Islam dan Minangkabau, dengan melengkapi bangunan atau ruangan antara lain; ruangan atau bangunan lembaga pendidikan seperti perpustakaan, tempat rekreasi keluarga sakinah, ruang serba guna yang menampung 3.000 orang yang bisa digunakan untuk seminar, pertunjukan kesenian, dan sebagainya.

6. Randang, Kuliner Minang Nomor Satu di Dunia

rendang daging
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan Ranah Minang memiliki wisata kuliner yang sangat popular.“Wisata kuliner Minang nomer 1 di Indonesia bahkan diakui dunia dengan dinobatkannya rendang seperti makanan paling enak,” kata Menteri Nila di Padang. kuliner juga menjadi pesona minang yang membanggakan

7. Suku Minang merupakan masyarakat penganut matrilineal terbesar di dunia.

gambar ilustrasi
Saat ini masyarakat Minang merupakan masyarakat penganut matrilineal terbesar di dunia. Selain itu, etnik ini juga telah menerapkan sistem proto-demokrasi sejak masa pra-Hindu dengan adanya kerapatan adat untuk menentukan hal-hal penting dan permasalahan hukum. Prinsip adat Minangkabau tertuang singkat dalam pernyataan Adat basandi syara’, syara’ basandi Kitabullah (Adat bersendikan hukum, hukum bersendikan Al-Qur’an) yang berarti adat berlandaskan ajaran Islam.

Orang Sumbar terutama suku Minangkabau menganut sistem kekerabatan Matrilineal yaitu garis keturunan berdasarkan garis keturunan ibu. Suku bagi orang Minangkabau juga diturunkan berdasarkan sistem Materilineal ini, artinya suku anak akan mengikut kepada suku ibunya. Konon sistem matrilineal ini adalah sistem kekerabatan tertua dan etnis Minangkabau adalah salah satu etnis di dunia yang masih menganutnya sampai saat ini. Selain Minangkabau, suku Mosuo di Yunnan China juga masih menggunakan sistem matrileneal.

#piamanexplore.com

Share This Article :
1745663973787222366

Mengungkap Kehidupan Sehari-hari Nelayan di Pantai Pasir Baru Nagari Pilubang Padang Pariaman

Piamanexplore- Nelayan di pantai Pasir Baru tidak hanya berjuang melawan samudra dalam pencarian ikan, tetapi juga melawan waktu. Dalam ar...