-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

6 Hal Unik Tentang Nasi Padang Yang Tak Diketahui Banyak Orang

foto fb erisonjkambari
Ada gak orang yang gak kenal nasi padang? Nasi padang masih menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia bahkan mancanegara.

Pada survey yang dilakukan pada 2011 dan 2017 rendang  salah satu Ikon masakan padang terpilih menjadi makanan terenak didunia, seorang turis dari norwegia bahkan membuat lagu cinta khusus untuk nasi padang.

Tapi ternyata ada berbagai hal unik seputar nasi padang yang mungkin belum banyak orang tahu seputar nasi padang. Khusus bagi sobat para pembaca Piamanexplore.

Selayang pandang nasi padang

Kenapa namanya nasi padang?  

Nasi padang adalah sebutan untuk masakan khas Minangkabau Yang biasanya dijual ditempat-tempat khusus yang dikenal dengan nama rumah makan padang. Dulu rumah makan yang menjual masakan Minangkabau biasa disebut dengan lapau nasi, kedai nasi, los lambuang atau karan.

Namun pada akhir tahun 1960 an setelah pemberontakan PRRI permesta banyak orang minangkabau di perantauan mengganti identitas mereka karena mendapatkan perlakuan yang keras dan cenderung menindas dari pemerintah pusat. Salah satu caranya ialah mengganti nama etnik  Minangkabau Menjadi Padang.

Kenapa Rumah Makan Padang ada Dimana-mana?   

Sejarawan Minagkabau Gusti Adnan mengatakan bahwa persebaran rumah makan padang terjadi secara masif pada tahun 1960-an dan 70-an hal ini berkaitan dengan eksodus pada masyarakat minangkabau setelah peristiwa PRRI. Waktun itu hampir semua laki-laki minang pandasi memasak jadi usaha yang paling gampang membikin rumah makan.

Kenapa Semua Orang Suka Nasi Padang?

Menurut sejarawan kuliner, Fadly Rahman. Elemen nasi sebagai makanan pokok dan lauk pauk yang kaya rempah rempah membuat nasi padang digemari banyak masyarakat Indonesia. Keberadaan rumah makan padang yang bisa ditemukan dimana-mana, juga menjadikan nasi padang makanan kolektif masyarakat Indonesia.

Benarkah nasi padang lebih enak di padang daripada di luar padang?  

Ini memang subyektif tapi banyak yang bilang kalau makan nasi padang di padang rasanya jauh lebih enak. Menurut pakar kuliner  rahasianya terletak pada bumbu-bumbu yang digunakan di tanah minang. Misalnya rendang yang dibuat dengan kelapa Pariaman akan beda rasanya dengan kelapa yang berasal dari pulau jawa. Begitu pula dengan cabai: ada cabai alahan panjang, ada cabai bukittinggi ada cabai payakumbuh, dan lain sebagainya.

Selain itu proses mengolah makanan ditanah minang juga berbeda dengan diperantauan. Proses mengolah makanan di tanah minang juga berbeda dengan di perantauan sehingga cita rasa nya juga berbeda.

Kenapa nasi padang kalau dibungkus lebih banyak?

Menurut sejarawan Minangkabau Gusti adnan tradisi yang memberi porsi nasi yang lebih banyak merupakan bentuk bentuk penghargaan kepada pembeli nasi bungkus karena telah mengurangi pekerjaan pemilik kedai.

Seberapa sehatkah nasi padang?

Ini mungkin pertanyaan paling penting dengan segala santan dan lemak yang terkandung didalamnya sebenarnya sehat gak sih nasi padang itu?? Menurut Profesor Nur Indrawati Lipoeto pakar gizi di universitas andalas padang, “kandungan lemak jenuh dalam santan hanya seperempat nya minyak goreng, dan bahwa masakan bersantan biasanya mengandung kalori yang lebih rendah dari goreng-gorengan.

Masakan minangkabau juga kaya bumbu seperti kunyit, jahe atau lengkuas dan daun serai yang berperan sebagai anti oksidan. Anti oksidan bisa membantu mengurangi resiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, stoke, hipertensi, diabetes dan kangker. Tapi bukan berarti nasi padang bisa mencegah diabetes atau penyakit jantung.

Para penggemar nasi padang jangan lupa juga memakan buah, sayur dan tentu saja olahraga supaya kita bisa makan enak dan tetap sehat.


#piamanexplore.com 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...