-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Lubuak Jambu River Pemandian Alam Sikucua Cocok Buat Anak Dan Keluarga

piamanexplore

Sudah dua minggu ingin mengajak anak-anak pergi mandi-mandi dan bermain di sungai, ada saja yang menghalangi salah satu nya yang paling tidak mengizinkan adalah cuaca selalu mendung, hujan dan badai yang tidak memungkinkan untuk pergi.

Bulan ini memang harus waspada jika kita ingin pergi liburan apalagi membawa anak-anak ke tempat pemandian alam seperti sungai, pulau atau pantai jika tidak di perhitungkan bisa-bisa terjebak pada ke egoan tentu tidak baik buat kita.

pintu masuk jembatan rajang
Dulu tahun lalu sebelum lubuak jambu se viral ini saya sudah pernah kunjungi dan sedikit menulis bersamaan dengan kunjungan ke air terjun baburai.

Baca juga: wisata air terjun baburai dan pemandian lubuak jambu
 

Hari ini cuaca sangat cerah baik untuk berlibur.  Perjalanan kita mulai pukul  11 wib dari rumah simpang limun kecamatan sungai limau ke lubuak jambu berjarak kira-kira 8 km. Lubuak jambu terletak di nagari sikucua tengah kecamatan V koto kampung dalam kabupaten padang pariaman sumatera barat indonesia.

jembatan rajang salah spot menarik berswafoto
Saya membawa 2 orang anak laki-laki mereka ini sangat haus akan liburan ketika di ajak mereka akan bersemangat apalagi kalo di alam terbuka dan liburan di wisata air.

Wisata alam pemandian lubuak jambu di aliri oleh sungai batang nareh tempatnya, alamnya masih sangat asri lokasinya bersih dari sampah. Sungai yang mengaliri pemandian lubuak jambu tidak deras dan tidak begitu dalam sungai ini dangkal maka sangat cocok bagi anak-anak untuk mandi dan bermain disini.

Sejarah Lubuak Jambu

Dulu konon kata orang-orang tua terdahulu pemandian alam lubuak jambu ini sering digunakan untuk mandi bagi seorang yang sakit dikeluarganya jadi sungai ini tetap ramai dikunjungi oleh warga.

Ketika pandemi tahun lalu objek wisata pada umumnya selalu sepi tapi beda dengan pemandian lubuak jambu ketika saya kesini waktu pandemi sedang tinggi-tingginya objek wisata ini malah ramai sekali halaman besar mesjid yang biasa dipakai untuk parkir malah penuh oleh kendaraan roda dua dan empat, dilihat dari plat kendaraanya banyak yang datang dari pekanbaru riau.
sungai dan alam yang bersih alami
Berenang Bersama Ikan Larangan

Di pemandian lubuak jambu ini terdapat banyak ikan larangan sobat explore bisa bermain bersama berenang bersama ikan-ikan ini cukup jinak. Sobat explore jika ingin ikan-ikan ini berkumpul didekat anda, sobat bisa membeli makanannya berupa pelet yang ada dijual oleh warga setempat.
bermain bersama ikam larangan
Bermain Dengan Pelampung Benen (Ban Dalam)  

Sobat explore dipemandian lubuak jambu ini sobat bisa menyewa benen atau ban dalam mobil yang bisa sobat gunakan untuk bermain bersama anak-anak.

dua anak asyik bermain benen
Dengan tarif Rp10.000 sobat bisa memakai benen ini sepuasnya tanpa dibatasi oleh waktu, benen ini bisa sobat sewa kepada warga setempat.

Jika Sobat Lapar
 

Tidak usah risau sobat jika lapar setelah puas bermain dan berenang di lubuak jambu sobat bisa membeli makanan kepada warga setempat yang berdagang. Untuk menunjang perekonomian warga disarankan sobat belanja saja di warung yang ada di lubuak jambu, soal harga pasti harganya murah dan wajar.

res area dan warung pedagang
River Tubing Lubuak Jambu Lasuah Bana Biaya Dan Fasilitas

Wisatawan yang ingin berpetualang menyusur sungai official Lubuak jambu menawarkan jasa bagi anda yang ingin menikmati alam di sepanajng sungai ini. Sobat explore bisa basianyuik menyusuri sepanjang sungai ini.
river tubing foto yuzal efendi
Paket 1 Rp.50.000 per orang jarak 2,5 km waktu tempuh 2 jam. Paket 2 Rp. 35.000 per orang jarak 1,5 km dengan waktu 1,5 jam paket 3 Rp 25.000 per orang jarak waktu 1/5 jam.Fasilitas yang sobat dapat: peralatan tubing, jaket pelampung, helm, pemandu, dokumentasi, minuman hangat dan transportasi lokal. Paket river tubing ini minimal 5 orang.

Fasilitas Pemandian Alam Lubuak Jambu
 

Lubuak jambu sudah cukup lama terekspos baik surat kabar beberapa stasiun tv juga pernah mengeskpose pemandian alam ini. Wisata ini minim fasilitas belum mempunyai toilet belum mempunyai tempat kusus untuk beribadah yang sangat di butuhkan oleh wisatawan.

wisatawan boleh belanja di warung pedagang
Tarif Masuk

Biasanya banyak destinasi wisata memungut biaya untuk masuk beda dengan lubuak jambu justru gratis sobat explore hanya dikenakan biaya parkir 2 ribu rupiah untuk kendaraan roda dua dan 5 ribu rupiah saja untuk kendaraan roda empat, admint sudah 2 kali kesini tahun lalu dan tahun ini tetap tidak ada di pungut biaya masuk.




salam explore
   
   
 


 
 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...