-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Penemuan Bom Rakitan Dengan Daya Ledak Tinggi Di Desa Wisata Apar Kota Pariaman

Piamanexplore-Warga Kota Pariaman digegerkan dengan penemuan bom rakitan di sebuah warung di Desa Apar. Bahan peledak yang ditemukan itu berjumlah 10 botol berjenis bom ikan.

Kasat Reskrim Polres Pariaman Ajun Komisaris Polisi Muhammad Arvi mengatakan bom rakitan tersebut sudah diamankan oleh Tim Jinak Bom Brimob Polda Sumbar.

"Ya memang ada penemuan bom oleh warga tadi sekitar pukul 15.00 WIB dan sudah diamankan oleh Tim Jibom Brimob Polda Sumbar,"  kata Arvi, Sabtu, 1 Juli 2023.

Dia melanjutkan, bom rakitan tersebut ditemukan di sebuah warung di samping sekolah dasar oleh pemilik warung. Pemilik saat itu hendak membersihkan warung yang sudah ditinggalkan selama dua pekan.

"Laporan awal dari pemilik warung yang ingin membersihkan tempatnya. Warung tersebut sudah ditinggalkan selama dua minggu karena siswa libur," ucapnya.

Arvi menerangkan, bahan peledak tersebut berjumlah 10 botol dengan jenis bom ikan. "Ada 10 botol, setelah diidentifikasi oleh Jibom Brimob Polda Sumbar Bahan peledak tersebut berjenis bom ikan," katanya.

Selain bom ikan, kata Arvi, di tempat kejadian perkara juga ditemukan bahan bakar berjenis Pertalite sebanyak 2 botol dan tas berisi pakaian. "Untuk pemiliknya belum diketahui. Kami juga belum tau daya ledaknya berapa," ujarnya.

Arvi juga menerangkan, penemuan tersebut sedang diamankan di Polsek Kota dan akan diledakan pada Ahad, 2 Juli 2023. "Besok akan dilakukan disposal atau peledakan bom oleh Tim Jibom Brimob Polda Sumbar," katanya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Dwi Sulistyawan mengatakan, lokasi penemuan sudah diamankan dan petugas juga sedang menyelidiki pemilik bom tersebut. "Saat sedang dilakukan penyelidikan terhadap pemilik bom dan motifnya," katanya.

Pihak kepolisian menegaskan bahwa penemuan 10 botol bom rakitan di kawasan Simpang Apar, Kota Pariaman pada Sabtu (1/7/2023) sore tidak terkait aksi teroris.

Sebelumnya berembus isu tak bertanggung jawab, penemuan bom rakitan itu dikait-kaitkan dengan momen HUT Bhayangkara dan Hari Jadi Kota Pariaman yang digelar pada Minggu (2/6/2023).

"Kami sudah petakan hal ini. Kami juga dapat pastikan bahwa ini tidak bagian teror, karena bom tersebut adalah jenis bom ikan yang dijual belikan untuk menangkap ikan," kata Kapolres Pariaman AKBP Abdul Aziz, Sabtu malam.

Karena itu, Kapolres berharap agar warga tidak terpancing dan melebih-lebihkan isu yang beredar, serta tidak perlu terlalu khawatir. AKBP Abdul Aziz mengungkapkan, tiga hari lalu pihaknya juga telah mengamankan bom berjenis sama di lokasi yang berbeda.

Saat itu polisi menemukan sejumlah barang bukti berupa bom ikan. "Barang bukti berhasil ditemukan, namun pemilik atau pelakunya kabur. Saat ini pelaku dalam pengejaran," ujarnya.

Saat ini bom yang di temukan sudah diledakkan di lapangan gor rawang kota pariaman.

informasi ini didapat dari berbagai sumber.

Share This Article :
1745663973787222366

Keunikan Kecantikan Dan Makna Dibalik Rumah Gadang Minang

Jambak novrie (Sumber : bramblefurniture) Piamanexplore- Siapa yang tidak kenal dengan Rumah Gadang? Rumah adat asal Sumatera Barat ini me...