-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pesta Budaya Tabuik Pariaman 2023 Akan Segera Di Mulai Simak Rangkaian Persiapannya

Piamanexplore-Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Pariaman terus mematangkan persiapan Pesta Budaya Tabuik Kota Pariaman yang berlangsung 19 Juli hingga 30 Juli 2023 mendatang.

Diperkirakan ratusan ribu pengunjung akan memadati Kota Pariaman pada puncak budaya tabuik.

“Insya Allah Pesta Budaya Tabuik 2023 ini akan berlangsung mulai dari 19 hingga 30 Juli mendatang. Berbagai persiapan sudah mulai dilakukan termasuk rapat dengan ninik mamak tabuik Pasa dan Subarang,” ujar Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Pariaman, Ferialdi, kemarin.

Feri begitu ia akrab disapa menjelaskan untuk rangkaian tahapan pembuatan tabuik juga sudah dipersiapkan jadwal rangkaian kegiatan.

Mulai dari tahapan maambiak tanah, manabang batang pisang, maarak saroban, maarak jari-jari, hingga maatam dan basalisiah serta tabuik naik pangkek dan tabuik dihoyak kemudian tabuik dibuang ke laut.

Untuk pengamanan rangkaian tahapan ini, pihaknya juga segera menggelar pertemuan dengan Polres Pariaman dan Dandim 0308 Pariaman termasuk OPD terkait seperti Satpol PP Pariaman.

Sebab dalam setiap rangkaian melibatkan banyak orang yang tentunya sangat membutuhkan pengamanan untuk kelancaran tahapan.

Sedangkan untuk promosi diluar Kota Pariaman, pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan pihak Angkasa Pura agar menampilkan videotron tentang pesta budaya tabuik termasuk jadwal penyelenggaraan kegiatan.

“Kami juga meminta bantuan Kemenparekraf RI agar bisa menghadirkan influencer nasional pada saat berlangsungnya tahapan budaya tabuik.

Untuk promosi daerah lain di Sumbar, Alhamdulillah Kominfo Provinsi Sumbar bersedia membantu dengan menampilkan video dan iklan tabuik di kabupaten/kota di Sumbar,” ujarnya.

Sementara untuk kerja sama dengan ASITA, pihaknya saat ini tengah melakukan penjajakan, karena memang promosi ini sangat dibutuhkan untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Karena saat ini Indonesia sudah selesai pandemi, Ia berharap jumlah kunjungan wisatawan meningkat berkali-kali lipat.

Share This Article :
1745663973787222366

Pesona Pulau Poncan Surga Tersembunyi Berpasir Putih Dan Air Jernih Di Sibolga

Afrizal Chan Piamanexplore- Selamat datang di pulau poncan sibolga kota terkecil di Indonesia. Pulau Poncan, salah satu destinasi wisata t...