-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Destinasi Wisata Baru Museum Kapal Perang Teluk Bone Di Pantai Pariaman

Piamanexplore-Setelah beberapa tahun di tunggu akhirnya kapal perang ini tiba di kota pariaman.

Perang akan dimulai

Satu Satunya di Indonesia, Kota Pariaman miliki Eks KRI Teluk Bone 511 yang akan dijadikan Museum Bahari.

Saat ini, Eks Kapal Perang yang mempunyai Panjang 100 Meter dan Lebar 15 meter ini, telah tiba di perairan Kota Pariaman, tepatnya di depan Pantai Pauh, tempat akan diletakannya lokasi kapal ini. 

Setelah berlayar selama 17 hari dari surabaya kapal Perang KRI teluk Bone merupakan eks kapal perang Indonesia akhirnya tiba dipantai gandoriah pariaman.

KRI teluk Bone 511 merupakan bekas kapal perang jenis landing ship tank dulunya kapal perang ini merupakan kapal perang milik Amerika Serikat yang dihibahkan ke pemerintah Indonesia pada tahun 1970.

Kapal ini pernah terlibat dalam perang dunia ke 2 dan perang vietnam kapal perang ini dipensiunkan oleh pemerintah republiki Indonesia pada tanggal 15 agustus 2019.

Sebelumnya kapal ini di tempatkan di kolinlamil Surabaya, kapal perang ini sendiri dibuat oleh negara Amerika Serikat pada tahun 1944.

Selama memperkuat armada Amerika Serikat kapal perang teluk bone ini telah di tugaskan di beberapa pertempuran,

foto media center kota pariaman
Yaitu pada perang dunia ke 2 pada tahun 1945 hingga 1946 dan perang vietnam pada tahun 1966 hingga tahun 1970.

Kini kapal perang ini dihibahkan oleh TNI angkatan laut ke pemerintah kota pariaman tapi kapal ini bukan di gunakan untuk perang melainkan akan menjadi objek wisata baru di kota tabuik pariaman ini.

Kehadiran kapal ini juga akan mengingatkan pada  sejarah bahwa pariaman dulunya pernah menjadi pangkalan angkatan laut Indonesia pada zaman perjuangan kemerdekaan.

Kata Genius Umar “mudah-mudahan dengan adanya destinasi wisata baru melalui KRI teluk Bone ini akan menambah kunjungan wisata ke kota Pariaman.

Dan juga mengingatkan kita kembali bahwa kota pariaman memiliki sejarah sebagai pangkalan besar angkatan laut pada tahun 1946 sampai tahun 1948.

Ini akan meriwan kembali semangat generasi muda untuk perjuangan bagaimana kita mempertahankan kemerdekaan.”

        Kapal ini akan ditempatkan di pantai pauh bersebelahan dengan pantai gandoriah dan akan diperbaiki sesuai kebutuhan pariwisata.

Namun perbaikan ini nanti tidak akan menghilangkan bentuk aslinya.

Saat ini kapal perang teluk bone masih berada di laut di bibir pantai kota pariaman, pemerintah kota sedang membuat dermaga untuk kapal perang ini.

Jika sobat berada di pantai gandoriah pariaman maka kapal perang teluk bone tampak jelas kokoh terlihat dari bibir pantai.

Perlu di ketahui bahwa kapal perang ini adalah kapal perang yang ke 3 dihibahkan untuk pemerintah kota pariaman.

Namun kapal perang yang 2 dulunya tidak berhasil dilabuhkan ke pariaman karena mengalami kebocoran di perairan mentawai dan belawan.

Semoga destinasi wisata baru ini segera terwujud.

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...