-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pantai Tiram Kawasan Wisata Bahari dan Kuliner

gerbang masuk pantai tiram

piamanexplore.com-Pantai tiram terletak dinagari tapakis kecamatan ulakan tapakis kabupaten padang pariaman sumatra barat dengan jarak tempuh 25 km dari kota padang dan 12 km dari bandara internasional minangkabau (BIM). Pantai tiram masih dibilang sangat muda lokasi ini baru dibuka sekitar tahun 2007 dan dilakukan pengembangan revitalisasi pada tahun 2014. Pantai tiram sudah ditunjang oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang sudah dibangun oleh pemerintah kabupaten padang pariaman seperti tempat parkir, panggung kesenian, menara pandang, toilet, mushola kecil untuk beribadah meskipun sarana masih minim tapi disisi lain keasrian pantai tiram menjadi daya tarik yang kuat bagi wisatawan untuk berkunjung.

Apa saja yang menarik dipantai tiram ada banyak hal yang menarik dilakukan dipantai tiram yang pasti seru dilakukan wisatawan.

Keindahan pantai tiram hal yang pertama adalah pantai Tiram itu sendiri, pantai tiram dirancang dan dikembangkan agar menjadi trend untuk wisata keluarga. Ombak yang tak terlalu besar dan deburan ombak menjadi kenikmatan sendiri untuk dinikmati. Angin yang menyejukkan  air ombak yang menyapu kaki sambil bermain pasir bersama keluarga adalah hal yang tak boleh dilewatkan

Muara hutan mangrove serta pohon pinus muara serta hutan mangrove dan pohon pinus di pantai tiram menjadi kan pantai tiram sejuk terjaga keasriannya dan seakan menjadi benteng akan abrasi pantai yang biasa terjadi. Kehadiran rawa muara dan hutan mangrove menjadi pelengkap kesempurnaan wisata bahari pantai tiram.

muara sungai tiram dan jembatan penyeberangan
Jembatan penyeberangan pemerintah kabupaten padang pariaman membangun jembatan penyeberangan untuk menghubungkan daratan menuju bibir pantai yang dipisahkan oleh muara sungai. Jembatan penyeberangan ini dibangun berliku dibuat semenarik mungkin selain untuk penyeberangan wisatawan sering menjadikan jembatan ini lokasi favorit untuk berswafoto.

Hammock/ayunan ayunan ini berada dibibir pantai terikat dari satu pohon pinus ke pohon pinus lainnya membuat aktifitas bersantai tambah sempurna. Hembusan angin lembut membuat wisatawan tertidur lupa akan keletihan tubuh akan aktifitas dunia. Ayunannya tradisional berwarna hitam terbuat dari jaring seperti jaring nelayan ketika menangkap ikan dilaut, masyarakat pariaman biasa menyebutnya wariang, wariang ini banyak yang jual ditoko seperti toko pupuk atau toko bangunan.

ayunan dirindangnya pohon pinus
Wisata kuliner selain pantai wisata bahari pantai tiram mengandalkan kuliner dikawasan ini sebagai sentra makanan khas masyarakat lokal. Banyak sekali ragam kuliner yang  bisa dicoba di kawasan pantai tiram tapi yang paling tersohor adalah gulai kapalo lauak atau gulai kepala ikan, jelas sekali gulai kepala ikan nya enak karena ikan yang dimasak ikan segar yang langsung ditangkap nelayan sekitar ketika melaut. Warung makan yang berjejer menghadap pantai dengan view yang indah soal rasa meraka tak mau pengunjung kecewa. Untuk harga makan bervariasi tapi pada dasarnya harga untuk makan disini standar tidak mahal sama sekali karena warga dan pemerintah setempat saling menjaga kenyamanan wisatawan. Bila ada pedagang yang menerapkan harga mahal diluar batas maka akan di sangsi yang akan membuat pedagang nakal akan menyesal. Khusus untuk gulai kapalo lauak sebaiknya ketika pengunjung ingin mencoba tanyakan dulu harga nya biasa nya gulai kapalo lauak agak mahal, jika gulai kapalo lauak beratnya 1 kg harganya biasanya Rp80.000 kalau berat nya 1/5 kg biasa harganya Rp45.000
hidangan kuliner di pantai tiram
Tiket masuk pada suasana  lebaran 2021 ini tiket masuk persepeda motor hanya Rp3.000 saja. Menaiki jembatan penyeberangan menuju pantai dikenakan biaya 2.000 per orang.

Tips untuk wisatawan Bawa baju ganti bila perlu. Bawa perlengkapan ibadah bagi wanita. Bawa kamera untuk berswafoto. Selalu ikuti protokol yang sudah ditetapkan. Jangan membuang sampah sembarangan. Dilarang mandi di laut pantai tiram.


Inilah beberapa paket keindahan yang bisa anda nikmati di kawasan wisata bahari pantai tiram.

#Piamanexplore.com

  

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...