-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Wisata rajang desa batang kabung kota pariaman

 Wisata rajang desa batang kabung kota pariaman

tampak anak sekolah bersantai di gazebo

Berbicara pariaman tentu saja bukan hanya tentang wisata pantai yang indah seluruh elemen di pariaman berlomba-lomba menggali potensi yang ada salah satunya adalah desa batang kabung desa yang belum diketahui banyak orang. Kenapa namanya desa batang kabung? desa batang kabung menurut cerita dahulu kala ada batang pohon yang disambung-sambung dalam bahasa minangnya batang kabuang.

Apa saja yang ada di desa batang kabung? Wilayah desa batang kabung diapit oleh sungai dan persawahan menjadikan desa batang kabung memiliki beragam potensi yang layak untuk diketahui. Desa batang kabung memiliki aliran sungai yang melintasi desa, sungai ini menjadi sumber air bagi warga untuk mandi dan mencuci. Disini juga terdapat jembatan peninggalan sejak zaman belanda biasa masyarakat piaman menyebutnya jembatan rajang, jembatan rajang berfungsi sebagai saluran irigasi yang mengairi kesawah warga. Jembatan rajang dulu menjadi tempat favorit bermain bagi anak-anak melompat dan berenang. saat ini disaluran irigasi jembatan ini terdapat berbagai jenis ikan larangan yang sengaja di isi untuk menambah daya tarik bagi desa seperti ikan koi ikan nila dan berbagai jenis ikan lainnya.

fungsi utama jembatan rajang sebagai saluran irigasi
Didesa ini banyak memiliki usaha kecil milik warga yang sudah cukup dikenal seperti:

Usaha Ladu arai pinang. Usaha ladu ini sudah berkembang juga sudah melakukan pengiriman keluar daerah bahkan sampai kenegara tetangga seperti malaysia.

Usaha Keripik singkong yang masih diolah secara tradisional.

Usaha Bordir mukena para pengrajin mukena dapat membeli bahan bakunya di BUMDES batang kabung.

Masyarakat juga banyak Bertani dan berkebun seperti berkebun pepaya dan berkebun jagung.

Terlepas dari semua keadaan ini desa batang kabung ternyata memiliki cerita sejarah, sebuah makam yang ada di mesjid raya batang kabung kerap kali dikunjungi masyarakat luar daerah yang menganggap makam tersebut makam keramat hal tersebut menjadikan desa ini ramai dikunjungi dihari hari tertentu.

Desa batang kabung masih sangat asri dengan memiliki banyak potensi yang bisa dibuat untuk menjadi tempat wisata.


#piaman aja

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...