-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Cek 5 fakta unik Museum Tubuh Jatim Park1

 Cek 5 fakta unik Museum Tubuh Jatim Park1

gerbang museum

Salah satu ikonik dari kota Jawa Timur adalah tempat wisatanya yang terkenal, yaitu Jatim Park. Ada berbagai macam fasilitas yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke Jatim Park 1, salah satunya adalah Museum Tubuh Jatim Park 1. Museum ini terkadang disebut juga dengan The Bagong Adventure Museum Tubuh.

Hal ini dikarenakan bagong menjadi ikonik dari museum tubuh ini. Museum yang berlokasi di Jl Kartika 2, Kota Wisata Batu, Jatim Park 1 ini sering dikunjungi oleh keluarga dan anak-anak. Bagi yang belum pernah berkunjung ke Museum Tubuh, cek dulu beberapa fakta uniknya:

1. Tempat Wisata Sekaligus Tempat Edukasi

Museum Tubuh Jatim Park 1 ini memang dikenal sebagai tempat wisata sekaligus tempat edukasi. Karena sesuai dengan namanya, museum tubuh ini menampilkan anatomi tubuh manusia sebagai fasilitas di sana. Bahkan ada pemandu wisata di Museum Tubuh ini yang akan memberikan edukasi tentang anatomi manusia.

2. Terdapat Banyak Zona yang Bisa Dikunjungi

Museum Tubuh ini memiliki 6 lantai yang terdiri dari 13 zona tubuh manusia, café gigi, cinema 3D, dan café Bagong. Jadi pengunjung bisa mendatangi banyak zona yang terdiri dari bagian tubuh manusia. Beberapa diantaranya adalah zona jantung, zona gigi, zona telinga, zona paru-paru, zona otak, zona mata, zona hidung dan lainnya.

salah satu zona
Dari beberapa zona tersebut, pengunjung bisa mempelajari setiap anatomi tubuh pada manusia. Bahkan ada beberapa alat peraga yang memperagakan cara kerja organ tubuh dan patung yang menggambarkan organ tubuh tersebut. Jadi anak-anak benar-benar bisa langsung belajar dan melihat bagian tubuh manusia.

3. Bisa Medical Check Up Gratis

Uniknya lagi Museum Tubuh ini menyediakan layanan medical check up gratis. Karena tempat ini merupakan tempat belajar tentang tubuh manusia maka disediakan layanan untuk memeriksa kesehatan di Museum Tubuh. Untuk mendapatkan layanan ini, pengunjung bisa memasuki ruang pemeriksaan di lantai paling atas museum tubuh.

Di ruang pemeriksaan ini pengunjung bisa memeriksa kesehatan mata seperti layanan di optik. Selain kesehatan mata, juga bisa memeriksa gula darah, asam urat, kolesterol dan lainnya. Dan tidak perlu khawatir karena fasilitas ini gratis. Jika sudah membayar tiket masuk, maka pengunjung bisa melakukan medical check up.

4. Ada Tubuh Manusia yang Diawetkan

Fakta unik lainnya dari Museum Tubuh ini adalah ada tubuh manusia asli yang diawetkan dan dipamerkan di museum ini. Sesuai dengan tujuan dibangunnya tempat ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan banyak orang tentang anatomi tubuh, maka disediakanlah tubuh manusia yang diawetkan. Tubuh ini diawetkan dengan teknik plastinasi.

tubuh yang di awetkan
Jika ingin melihat tubuh manusia yang diawetkan ini, pengunjung bisa melihatnya di zona exhibition. Tapi tempat ini hanya dikhususkan untuk orang dewasa saja. Karena terlalu menyeramkan untuk menunjukkan tubuh manusia yang awet kepada anak-anak.

5. Lokasi Mudah Ditemukan dan Harga Tiket Murah

Museum tubuh ini dibangun di lokasi yang strategi dan mudah dicari oleh pengunjung. Dari kota Malang, pengunjung hanya perlu menempuh waktu sekitar setengah jam saja. Jika tidak memiliki kendaraan pribadi, bisa juga menggunakan angkutan umum seperti bis dan kereta.

Pengunjung cukup membayar sebesar 85.000 saja jika mengunjungi di hari senin hingga jumat. Harga tiket ini sudah termasuk tiket masuk Jatim Park 1. Di weekend, harga tiket naik menjadi 100.000 rupiah. Harga ini cukup murah karena pengunjung sudah bisa jalan-jalan sembari belajar bahkan bisa medical check up gratis.

Itulah 5 fakta unik tentang Museum Tubuh Jatim Park 1 yang cocok dikunjungi oleh keluarga. Jadi pergi liburan juga bisa dijadikan waktu belajar bagi anak-anak, bahkan orang dewasa juga bisa ikut belajar.

ruang tengah

Jadi jangan sampai kelewatan tempat wisata edukasi yang unik ini.

 

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...