-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Universitas Jin Terkemuka di Ngarai Sianok Terawang Paranormal

Universitas Jin Terkemuka di Ngarai Sianok Terawang Paranormal

foto FB Erison J Kambari

Di ngarai sianok ada universitas jin terkemuka? Sumber cerita kita yang satu ini sumber yang istimewa. Orangnya parlente gagah tak sedikitpun orang akan menyangka bahwa ia sebenarnya seorang paranormal. Ambo ini bukan orang santiang sanak tapi ambo tahu. Lai tahu sanak? Kami serentak menggeleng indak! Makonyo sanak, lawik sati rantau batuah, gunuang tinggi bukik randah. Carito ko bukan kuah-kuah. Danga se dek sanak dih!

Anda tahu ngarai sianok? Menurut wikipedia ngarai sianok sebuah lembah curam yang terletak diperbatasan bukittinggi di kecamatan IV koto, kabupaten agam sumatera barat. Lembah ini memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan ngarai koto gadang sampai ke ngarai sianok anam suku dan berakhir di kecamatan palupuh. Ngarai sianok dalam jurangnya sekitar 100m. membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200m. ia merupakan bagian dari patahan yang memisahkan pulau sumatera menjadi dua bagian memanjang, patahan ini membentuk dinding yang curam bahkan tegak lurus yang membentuk lembah yang hijau hasil dari gerakan turun kulit bumi yang dialiri batang sianok (sungai) yang airnya jernih.

Dizaman kolonial belanda jurang ini disebut juga sebagai karbouwengat atau kerbau sanget, karena banyaknya kerbau liar yang hidup bebas didasar ngarai ini. Alah? Itu versi logika namanya. Itu versi ilmiah kemudian ia diam. Yang hendak saya sampaikan ke sanak adalah ngarai sianok versi dunia lain, ujarnya. Dunia lain maksudnya apa?  

Sanak, hamparan dasar dan sudut ujung ngarai sianok itu kiramaik tu sanak. Sati itu. Disitu kerajaan jin bersijadi-jadi. Peradaban tinggi kerajaan jin dunia ya di ngarai sianok itu, katanya. Ia berkisah dunia jin dengan dunia manusia itu mirip. Kita punya pasar ia juga punya pasar , kita punya sekolah ia juga punya sekolah, kita punya rumah kita juga punya rumah. Lai tahu sanak? Kerajaan jin ngarai sianok itu adalah tempat jin-jin pintar berkumpul. Bahkan bunyi kabar sanak, perguruan jin paling top dan paling tinggi se alam nusantara ini ada di ngarai sianok! Katanya.

Pandangan batin ambo mancaliak takah itu sanak, ujarnya. Apa sanak pernah mendengar pula tentang adanya kerajaan tuyul di ngarai sianok? Kami menggeleng. Banyak ruponyo nan indak sanak tahu yo, ia bergumam sendiri. Ia menekankan di ngarai sianok itu ada universitas jin terkemuka.. kami tertawa.

foto Fb Erison J kambari

Mungkin sanak merasa ini bergarah tapi itu terserah sanak, katanya!   

Share This Article :
1745663973787222366

Rohana Kuddus Srikandi Islam Wanita Minang Sahabat Pena R.A Kartini

Piamanexplore- Setiap tanggal 21 April, bangsa Indonesia memperingati hari Kartini. Mengapa Kartini yang lebih dikenang padahal banyak perem...