-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Mandi Meugang Tradisi Menyambut Bulan Suci Ramadhan di Kutacane

Piamanexplore-Dalam menyambut bulan puasa, setiap daerah mempunyai cara masing-masing atau tradisi sendiri untuk menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan.

Bulan yang penuh berkah dan pengampunan bagi umat Muslim dunia tidak terkecuali di Indonesia.

Begitu juga masyarakat Aceh Tenggara Provinsi Aceh, yang mana masyarakatnya mayoritas beragama muslim.

Masyarakat yang memiliki tradisi yang sangat khas untuk merayakan datangnya bulan Suci Ramadhan yang hanya dilaksanakan satu kali dalam setahun.

Berbeda dengan daerah lainnya, di Kutacane Aceh Tenggara atau yang akrab disebut dengan bumi “Sepakat Segenep”, warganya menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dengan melakukan berendam.

Mandi-mandi di sungai-sungai, sumur-sumur atau sumber mata air yang ada di Lembah Alas pegunungan Gunung Leuser.

Tradisi ini disebut “Mandi Meugang” yang bermakna agar jiwa dan raga seseorang yang akan melakukan ibadah puasa bersih secara lahir dan batin.

Selain itu juga bermakna sebagai pembersihan diri atas segala kesalahan dan perbuatan dosa yang telah dilakukan sebelumnya.

Konon kabarnya tradisi “Meugang” sudah berlangsung turun temurun, atau sejak jaman raja-raja Aceh.

Tradisi mandi meugang dengan membawa rombongan keluarga sambil membawa makanan-makanan ini biasa dilakukan oleh seluruh warga Aceh Tenggara.

Bahkan jika ada masyarakat yang tidak mandi meugang di sungai ibarat ada yang kurang dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan.

Masyarakat Aceh Tenggara mandi bersama di sungai. 

Dalam proses mandi Meugang ini mandi harus disertai dengan keramas memakai jeruk purut sebagai tanda pembersihan diri lahir bathin dalam menyambut bulan Ramadhan.

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...