-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Menguak Kemiripan Dan Keindahan Mesjid Raudhatul Jannah Bukittinggi dan Mesjid Nabawi

Piamanexplore-Berkunjung ke Bukittinggi, Sumatera Barat, tidak lengkap rasanya jika tidak melihat salah satu ikonnya, yaitu Mesjid Raudhatul Jannah.

Mesjid yang memiliki kemiripan arsitektur dengan Nabawi ini menjadi salah satu magnet yang menarik wisatawan untuk datang dan mengunjunginya.

Dari tampilannya yang megah hingga keberadaannya yang ada di kawasan Bukittinggi yang menarik, Mesjid Raudhatul Jannah seakan menawarkan daya pikat yang tak terbantahkan.

Letaknya tidak jauh dari pusat Kota Bukittinggi, Mesjid Raudhatul Jannah selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan domestik.

Tepatnhya didalam kompleks Pondok Pesantren H Muhammad Nadis Bukittinggi di Jalan Pantanangan, Kelurahan Kubu Gulai Bancah, Kecamatan Mandiangin Koto Selayan.

Masjid memiliki enam pintu yang terletak di tiga sisi. Semua pintu ini merupakan replika dari pintu Masjid Nabawi.

Menggunakan bahan kayu berwarna dasar coklat tua, lengkap dengan ornamen dan kaligrafi dengan pola lingkaran di tengahnya.

Memasuki bagian dalam masjid, nuansa Masjid Nabawi terasa semakin kental dengan sejumlah kaligrafi dan warna yang identik dengan kaligrafi di Masjid Nabawi.

Dinding-dinding Mesjid dengan ukiran kaligrafi menjadi bagian yang menarik dari mesjid ini.

Masjid ini memiliki 5 kubah satu kubah utama berada di tengah-tengah mesjid dan empat kubah lainnya dengan ukuran yang lebih kecil di keempat sisi.

Lalu dipercantik dengan sejumlah jendela yang dihiasi dengan kaca patri bermotif kaligrafi.

Tidak hanya menjadi tempat untuk beribadah bagi umat Muslim, tetapi Mesjid Raudhatul Jannah juga menjadi tempat wisatawan untuk menikmati keindahan arsitektur dan ukirannya.

Mesjid Raudhatul Jannah ini Juga sering digunakan bagi masyarakat yang melaukan prosesi ijab kabul saat pernikahan.

Pengunjung bebas berkunjung dan menikmati Mesjid Raudhatul Jannah dengan gratis. Banyak wahana untuk berfoto di tempat ini, mulai dari area parkir hingga ke area dalam mesjid yang sangat luas.

Mesjid Raudhatul Jannah mengandung banyak pesan moral bagi para pengunjungnya, terlebih bagi para turis yang mengunjungi tempat ini dengan alasan hanya ingin berfoto atau sekadar melihat-lihat saja.

Pengunjung akan saksikan langsung bagaimana umat Muslim beribadah di mesjid ini, merasakan sikap saling menghargai dan kebersamaan antara pengunjung, pengurus mesjid, serta umat Muslim yang datang untuk beribadah.

Wisatawan yang berkunjung ke Bukittinggi patut menempatkan Mesjid Raudhatul Jannah pada prioritas tempat yang harus dikunjungi saat mau beribadah.

Di dalam mesjid ini, tidak hanya beribadah yang bisa dilakukan, melainkan belajar tentang sejarah serta keindahan arsitektur Islam modern yang ada di Minangkabau

Bagi para pecinta keindahan arsitektur atau Islam, Mesjid Raudhatul Jannah adalah salah satu tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Dengan keindahan tampilannya yang begitu megah dan pesan moral yang dapat diambil dari keberadaannya.

Tempat ini sangat diinginkan oleh setiap orang untuk menikmati keindahannya serta memberikan dampak positif bagi perkembangan pariwisata di Bukittinggi.

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...