-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Sejumlah Misteri yang Tak Terungkap di Minangkabau: Fakta atau Mitos?

Piamanexplore-Minangkabau, wilayah yang kaya akan sejarah dan budaya, menyimpan beragam misteri yang sampai saat ini tak terungkapkan.

Ratusan tahun lalu, Minangkabau dianggap sebagai hulu peradaban di Sumatera Barat, dan cerita rakyat memang menjadi bagian dari budaya setempat.

Namun, berapa banyak fakta dari semua cerita itu tetap jadi misteri? Dari makhluk halus hingga orang hilang secara misterius, mari kita temukan apa yang ada di balik cela yang belum terselesaikan ini.

Sumatera Barat mengambil nama dari lokasi geografisnya, yakni di sebelah barat Pulau Sumatera.

Minangkabau, yang juga merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Barat, terkenal dengan sejarah dan budaya yang unik, dan merupakan salah satu tujuan wisatawan utama di Indonesia.

Tapi, selain dari sisi budaya dan pariwisata, Minangkabau juga menyimpan banyak rahasia dan misteri yang masih menghantui masyarakat setempat.

Banyak dari cerita misterius dalam kebudayaan Minangkabau yang masih belum terungkapkan.

Ada yang belum bisa dilacak kebenarannya, ada yang masih dianggap mitos, dan ada pula yang memang hingga saat ini tidak memiliki penjelasan yang pasti.

Misteri-misteri Tak Terungkap di Minangkabau:

1. Terowongan Didasar Danau Singkarak.

Salah satunya cerita terowongan yang menghubungkan danau singkarak menuju danau maninjau, sulit memang jika dicerna dengan logika. Cerita ini belum satupun penemuan yang bisa membuktikan keberadaan terowongan tersebut.

Cerita terowongan ini sering dikaitkan dengan keberadaan tongga batu basurek didasar danau singkarak yang diyakini berada di sumpur kudus. Cerita mistis ini tidak sepenuhnya di amini masyarakat setempat.

Banyak pihak yang menghubungkan terkait misteri didanau singkarak menuju maninjau dengan patahan semangko sesar geser aktif yang membentuk jejeran bukit barisan yang membentang dari aceh hingga lampung.

Secara geologi jalur patahan sumangko melintasi danau singkarak.

2. Misteri Orang Bunian.

Masyarakat percaya bahwa orang bunian menempati lokasi-lokasi terpencil seperti tengah hutan, di bukit-bukit yang tinggi, di pekuburan maupun bangunan tua yang telah ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama.

Banyak orang menghilang secara misterius dan tak pernah kembali konon orang yang menghilang tanpa pernah kembali dibawa orang bunian, tidak peduli anak kecil ataupun orang dewasa semua dapat menjadi incaran terkait makhluk gaib tersebut.

Tersohornya orang bunian membuat tak sedikit peneliti melakukan riset akan kebenaran sosok tersebut,

akan tetapi para peneliti menyebutkan bahwa orang bunian merupakan suku pedalaman yang sangat terpencil dan belum pernah terjamah hingga kini, namun masyarakat percaya bahwa orang bunian adalah makhluk gaib yang hidup disekitar mereka.

Sampai sekarang misteri ini belum juga terpecahkan di minangkabau.

3. Misteri Palasik.

Orang Minangkabau sangat akrab dengan kata yang merajuk pada makhluk mistik tersebut. Banyak cerita-cerita yang berkaitan dengan palasik sampai saat ini masih banyak di ceritakan di tengah masyarakat.

Cerita paling umum dari palasik ialah makhluk atau manusia yang menuntut ilmu hitam dengan menghisap darah bayi atau memakan jasad bayi atau balita yang baru meninggal.

Konon palasik sendiri diwariskan turun temurun sampai keturunan ketujuh. Palasik sendiri merupakan salah satu dari bagian cerita mistik masyarakat Minangkabau. 

Banyak misteri-misteri cerita palasik dari mulut-kemulut sampai saat ini yang belum terungkap.

4. Misteri Batu Angkek-Angkek.

Misteri yang disematkan kepada batu angkek-angkek asal nagari balai tabu sungayang batusangkar ini menyisakan penasaran banyak wisata. 

Konon batu angkek-angkek yang berbentuk logam kuningan dengan pinggiran yang sudah terkelupas berwarna kuning kecoklatan seperti punggung kura-kura dipercaya bisa mengabulkan permintaan.

Tidak semua orang bisa mengangkat batu angkek-angkek ini bahkan orang berotot sekalipun. Batu angkek-angkek hanya akan bisa diangkat jika keinginannya terkabul bagi orang yang mengangkat tersebut. apakah ini betul?

5. Misteri Ikan Larangan di Pariaman.

Disebut ikan larangan karena konon ceritanya siapa yang memakan ikan tersebut akan kena musibah entah itu sakit aneh perut menjadi buncit ataupun musibah lainnya.

Tapi sebenarnya ikan ini bisa dimakan dengan syarat hari-hari tertentu saja seperti pas acara adat ataupun hari besar keagamaan.

Menurut informasi yang dihimpun dulunya sungai ditempat ikan ini berada ada seorang yang sakti memberi ilmu teluh pada bibit-bibit ikan yang ada disini hal ini dilakukan agar tidak ada yang berani mencurinya.

Namun yang menaruh teluh pada ikan tersebut meninggal tanpa mencabut teluh itu terlebih dahulu.

Cerita nya selalu ada kejadian aneh yang kerap terjadi seperti ada yang kesurupan karena ada yang membuang sampah disungai tersebut. Ada apa sebenarnya dibalik misteri ini?

6. Misteri Fosil Makhluk Laut Didinding Goa Gunung Omeh Payakumbuh.

Rupa bebatuan milik karang didasar laut sepertinya menjadi keunikan yang dimiliki nagari pandam gadang dan koto tinggi kecamatan gunuang omeh 50 kota sumbar.

Beberapa karang dan batuan juga ditemukan di sepanjang sungai batang sinamar di sungai bawah tanah goa teratai.

Titian dalam pandam gadang temuan itulah menjadi sebuah hal baru yang menakjubkan hingga mengundang tanya yang butuh penelitian. Begitulah kira-kira yang ingin diungkapkan oleh walinagari pandam gadang ini.

Apakah nagari ini laut? Misteri ini juga belum terungkap hingga kini.

7. Misteri Si Bigau Gunung Singgalang.

Sibigau begitu orang memanggilnya berwujud mirip dengan monyet berbulu namun raut wajahnya mirip manusia berambut panjang dan tingginya sekitar 80 cm hingga 1 meter.

Sibigau memiliki kaki dengan tumit kedepan kakinya terbalik sering diceritakan kalau sibigau merupakan makhluk yang mampu berlari dengan sangat kencang.

Sibigau merupakan orang pendek yang bertugas memelihara babi hutan dan binatang lainnya di gunung singgalang.

Jika ingin berburu atau memasang perangkap di gunung singgalang harus meminta izin dulu sebagai penghargaan atas sibigau. Apakah ini fakta?

8. Misteri Cindaku.

Makhluk astral ini diyakini masih ada di ranah minang, makhluk ini bukanlah manusia kutukan melainkan adalah orang yang mempunyai ilmu ghaib yang dimiliki dari nenek moyangnya.

Makhluk ini konon kabarnya hanya bisa berubah wujud ditanah kelahirannya saja dengan cara meletakkan dadanya ketanah, dia seperti manusia tapi mirip seperti harimau.

Konon kabarnya fungsi cindaku diranah Minang perantara antara manusia dengan harimau. Inilah beberapa misteri yang belum terungkap diranah Minang.

Kesimpulan:

Misteri-misteri dalam kebudayaan Minangkabau dapat memberikan inspirasi dan kekaguman bagi kita.

silecoh mitos manusia kaki terbalik
Ada banyak cerita-cerita yang sering kali tidak dapat dibuktikan kebenarannya, namun tidak jadi penghalang bagi masyarakat setempat untuk terus mempercayainya dan mengajarkannya dari generasi ke generasi.

Bagi kita yang tidak berasal dari Minangkabau, kita dapat lebih memahami dan menghargai kebudayaan ini dengan membuka pikiran dan hati kita.

Meski secara ilmiah kita tidak dapat membuktikannya, namun para ahli menganggap bahwa cerita-cerita tersebut melambangkan sesuatu dalam kehidupan kita.

Oleh sebab itu, tidak perlu takut dengan misteri-misteri itu, namun apresiasi dan hargailah kebudayaan.

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...