-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Mesjid Sirah Mesjid Baru Ikon Di Wisata Muaro Mati Tiku Kabupaten Agam

foto kaba12.co.id
Piamanexplore-Mesjid sirah adalah mesjid baru yang baru di bangun dan diresmikan di tiku kabupaten agam tepatnya di muaro mati nagari tiku selatan kecamatan tanjung mutiara.

Mesjid ini baru diresmikan jumat lalu tanggal 8 bulan 3 tahun 2024 oleh bupati agam Dr. H. Andri Warman, MM.

Nama lain dari mesjid ini adalah mesjid Istiqomah tapi lebih ngetop di sebut mesjid sirah mesjid sirah ini sudah resmi bisa digunakan oleh masyarakat.

Mesjid sirah selain digunakan menjadi tempat ibadah tapi juga digadangkan akan menjadi ikon wisata baru di objek wisata muaro mati tiku dan pantai tiku.

Pembangunan mesjid sirah yang diperuntukkan sebagai ikon wisata religi ini menjadi salah satu prioritas pembangunan pemerintah daerah.  

Pembangunan mesjid ini memakan waktu sekitar lebih kurang selama 2 tahun dimulai dari perencanaan sejak tahun 2022 dan selesai pembangunan desember 2023.

Dalam prosesnya pemkab melibatkan ninik mamak, seperti proses penyerahan tanah.

Ninik mamak di Nagari Tiku Selatan dan sekitarnya sepakat untuk menjadikan kawasan ini sebagai kawasan pembangunan kepariwisataan, khususnya wisata religi.

Pembangunan masjid sirah ini menelan dana hingga Rp10,5 milyar. Proses pembangunan masjid berlangsung selama 210 hari, selesai pada 25 Desember 2023.

Pada tahun 2024 ini pembangunan dilanjutkan untuk penyempurnaan dan pengerjaan landscape mesjid, jalan dan jembatan untuk akses menuju ke mesjid.

Salah satu warga tiku mengatakan “peresmian Masjid Sirah diharapkan akan membawa berkah bagi mereka.

Semoga masjid ini tidak hanya menjadi pusat ibadah, tetapi juga menjadi tempat yang memancarkan kedamaian dan keindahan serta kebangkitan ekonomi masyarakat”.

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...