-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Mengenal Darak Badarak Grup Musik Tradisional Pariaman Mengguncang Indonesia’s Got Talent

Piamanexplore.com-Grup musik Darak Badarak berasal dari kota pariaman, yang akhir-akhir ini sedang viral dengan penempilan mereka di Indonesia’s Got Talent.

Penampilan mereka sangat memukau sehingga membuat para juri meminta tambuah, para juri pun ikut serta mencoba memainkan alat musik yang berasal dari pariaman itu.

Darak badarak di komandoi oleh Ribut Anton Sujarwo seorang pemuda yang lulusan Sendratasik Di universitas negeri padang.

Sekarang kita akan mengenal lebih dekat apa itu darak Badarak?

Darak badarak adalah sebuah komunitas seni pariaman dimana tempat berkumpulnya anak-anak muda pariaman dalam bidang kesenian khususnya musik tradisional.

Darak badarak diambil dari bunyi gendang tasa pariaman dari bunyi gendang arak-arakan gendang tasa dan dari karakter orang pariaman hidup di tepi pantai suasana panas dan serba darak badarak.

Alasan Mendirikan Sanggar

Alasan yang pertama yaitu banyaknya anak-anak muda pariaman yang tidak lagi mengenal musik tradisional pariaman yang banyak tidak mengenal apa itu kebudayaan pariaman.

Oleh karena itu Ribut anton sujarwo sebagai mahasiswa tamatan universitas negeri padang jurusan sendratasik mengumpulkan anak-anak muda ini pada tahun 2010 hingga sekarang, membuat mereka kembali mencintai musik tradisional.

Banyak anak-anak muda sekarang ketika ditanya kenapa tidak mencintai musik tradisional? Mereka bilang musik tradisional itu membosankan itu ke itu saja.

Oleh karena itu Ribut memenej atau merubah musik tradisional itu sedemikian rupa agar diterima oleh masyarakat umum.

Tahun Berdiri sanggar

Darak badarak di bentuk pada tahun 2010 dimana Ribut pemuda pariaman mengumpulkan anak-anak muda pariaman yang serba berbeda.

Berbeda baik latar belakang narkoba, miras, balap liar, latar belakang anak-anak yang tidak hobi sekolah dibuat agar mencintai musik tradisional sehingga mereka bisa melupakan hal-hal yang negatif tersebut.   

Anak-anak di kumpulin diajarin musik tradisional dari nol dari yang tidak tahu apa-apa menjadi tahu seperti saat ini.

Dibuat dia mencintai seni tradisional itu bari di menej untuk pola kehidupan, pola sosial, pola religius dan sebagainya.

Banyak lika-liku yang dialami darak badarak pertama kali berdiri darak badarak hanya berkumpul sekitar 5 orang dimana anak-anak tersebut di latih untuk main musik tradisional pertama kali di bawah kolong tempat rumah orang memulai karir semuanya.

Anak-anak diajarkan bermain musik tradisional perform sani-sini mendapatkan uang yang dulunya gak ada apa-apa sekarang anak-anak sudah mempunyai alat musik sendiri.

Anak-anak sudah mempunyai fasilitas sendiri, sudah mempunyai mobil sendiri sudah mempunyai rumah sendiri sudah mempunyai motor sendiri.

Semuanya berawal dari sebuah mimpi karena kami disini berpedoman bahwa hidup kami untuk bermimpi jangan pernah takut untuk bermimpi.

Visi dan Misi Darak Badarak

Misi dan misi darak badarak pertama kali yaitu untuk membuat anak-anak kota pariaman untuk lebih mencintai musik tradisional dan tidak takut untuk bermain musik tradisional.

Disini anak-anak darak-badarak mempunyai satu mimpi bersama agar bisa mencapai keliling dunia dengan musik sederhana ini.

Disini darak badarak menjadikan hal yang sederhana menjadi semenarik mungkin dan sesempurna mungkin.

Prestasi Yang Pernah Diraih

Darak badarak pernah meraih prestasi di tingkat kota pariaman juara 1 memenangi Festival tambua kreasi sekota pariaman.

kemudian lanjut ke tingkat sesumatera, festival sesumatera yang diadakan oleh universitas negeri padang, kemudian mengikuti ivent nasional IDP yang diadakan oleh gilang ramadhan dan mendapatkan juara dua di tingkat nasional.

Kemudian Ribut anton Sujarwo secara pribadi pernah mendapatkan juara dua sebagai pemuda pelopor tingkat nasional sebagai pemuda berpengaruh dalam bidang sosial budaya.

Pesan Moral

Yang diharapkan untuk pemuda-pemuda pariaman kedepannya  pemuda pariaman lebih mencintai musik tradisional, lebih mencintai kebudayaan yang ada di kota pariaman dan mengetahui sejarah kota pariaman.

Yang di inginkan juga untuk pemuda-pemuda pariaman agar tidak takut untuk bermimpi, bahwa segala sesuatu itu berawal dari sebuah mimpi.

Sebuah pesan singkat dari Ribut Anton Sujarwo “pemuda-pemuda pariaman lakukan hal yang sederhana menjadi semenarik mungkin dan sesempurna mungkin.

Artikel ini di tulis sebagian besar dari youtube “Yosemotoo”

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...