-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Menyusuri Kawasan Hutan Wisata Puncak Ngalau Indah Payakumbuh Di Tengah Kebisingan Kota

foto Ig russ.stoller
Piamanexplore.com-Ada terdapat banyak sekali wisata di payakumbuh ini mulai dari geopark, ngalau atau goa, areal persawahan, air terjun, taman wisata peninggalan-peninggalan bak zaman purba juga ada disini.

Lengkap sudah jika sobat pergi berwisata ke payakumbuh seakan beli satu dapat banyak. Kali ini Sobatexplore mengajak sobat semua menyusuri kawasan ngalau indah yang ada di payakumbuh sumbar.

Alamat Ngalau Indah

Ngalau yang menarik perhatian indah ini terletak sekitar hanya 4 km dari pusat kota payakumbuh tepatnya di terletak di Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Objek wisata ini terdiri dari sebuah gua alam dengan beberapa mulut gua yang menjadi akses masuk dan keluar.

Ngalau Indah Yang Menakjubkan

Begitu memasuki gua besar ini, sobat akan disuguhkan dengan pemandangan stalagtit dan stalagmit yang indah dan masih terjaga dengan baik.

Di tengah keindahan gua tersebut, kawanan kalelawar yang bersemayam memberikan suasana riuh yang khas sepanjang waktu.

foto ig Maizalchaniago
Selain kalelawar, burung walet juga bersarang di celah-celah langit-langit gua yang menjulang setinggi sekitar 10 meter.

Puncak Ngalau Indah juga menyajikan sejumlah bagian gua yang memiliki bentuk unik dan sangat khas.

Salah satunya adalah batu gong, sebuah batu berlubang yang menyerupai kerucut berongga atau lonceng. 

Batu gong ini terletak di sisi kiri pintu masuk gua dan menghasilkan pantulan suara yang nyaring saat dipukul.

Selain itu, terdapat juga dua batu yang terletak berdampingan secara vertikal dengan bentuk menyerupai gajah dan jamur.

Keberadaan batu-batu tersebut memberikan daya tarik tersendiri bagi sobat yang ingin menjelajahi gua ini.

batu gong ngalau indah foto ig caroline.adelia
Trek perjalanan di dalam gua, yang berjarak sekitar 80 meter dari pintu masuk hingga pintu keluar.

Tidak hanya menawarkan pemandangan menakjubkan, tetapi juga tantangan dengan jalur menurun dan menanjak yang didukung dengan banyak anak tangga.

Selain eksplorasi gua, wisatawan juga dapat menikmati panorama Kota Payakumbuh yang indah dari tengah taman dengan pepohonan yang rindang dan angin semilir.

Menyusuri jalan setapak, sobat akan merasakan kesejukan dan keasrian kawasan hutan wisata seluas kurang lebih 10 Ha yang mengelilingi jalur tersebut.

Untuk mencapai Puncak Ngalau Indah, sobat dapat menggunakan akses melalui Jalan Soekarno-Hatta. 

Dari gerbang masuk, sobatexplore akan melewati jalur menanjak sekitar 800 meter menuju area parkir.

foto ig Maizalchaniago
Proses perjalanan ini akan disuguhi dengan pemandangan indah serta suasana sejuk yang ditawarkan oleh kawasan hutan wisata sekitarnya.

Harga Tiket Masuk Ke Ngalau Indah

Siapa saja boleh datang dan membeli tiket untuk masuk ke ngalau indah, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Untuk tiket anak-anak harganya Rp 5.000 per orang saja sedangkan harga tiket untuk orang dewasa sebesarRp10.000 per orang saja.

Ciri Khas Ngalau Indah Yang Unik

Ngalau Indah memiliki ciri khas yang terbilang cukup unik dan berbeda dengan goa lain. 

Keunikan tersebut dapat dilihat bebatuan yang berlubang dan memiliki bentuk kerucut menyerupai lonceng.

Batu yang ada di dalam goa memberikan pantulan suara nyaring. Tidak hanya itu saja, secara vertikel batu memiliki bentuk seperti jamur dan gajah.

Keunikan yang Anda dapatkan juga bentuk patung, kelambu dan manusia. 

puncak ngalau indah foto ig Summayahnurhamidah
Fasilitas Yang Tersedia Di Ngalau Indah

Banyak fasilitas yang terbilang cukup untuk sebuah wisata di ngalau indah demi kenyamanan para sobatexplore yang datang berkunjung.

Musholla

Bagi pengunjung yang menganut agama islam, tidak perlu bingung mencari tempat ibadah. Ngalau indah menyediakan mushola yang diperuntukan untuk para pengunjungnya.

Toilet

Ada banyak toilet yang dapat sobat jumpai di sekitaran Ngalau. Dengan demikian, pada saat sobat ingin pergi ke toilet tidak bingung mencarinya. Ada petunjuk tanda panah yang dapat memudahkan sobat menuju toilet.

Homestay

Para wisatawan yang jauh dari Sumatra Barat, tidak perlu khawatir. Ada banyak pilihan homestay yang dapat Anda pilih untuk menginap. Fasilitas yang diberikan setiap homestay juga sangatlah beragam.

Gazebo

Pemandangan yang indah dengan suasananya yang sejuk, ditambah lagi dengan fasilitas berupa gazebo. Hal ini memberikan kesan yang lebih menyenangkan bagi wisatawan untuk bersantai disekitaran goa.

Kebersihan

Kebersihan di obyek wisata Ngalau Indah memiliki kebersihan yang terjaga dengan baik. Ada banyak tong sampah yang disediakan di sekitaran ngalau membuat sobat dapat menjaga kebersihan bersama-sama.

Kolam Renang

Para pengunjung selain menikmati suasana di dalam goa, pengunjung juga dapat berenang. Ada baiknya jika Anda membawa pakaian ganti pada saat ingin berenang di obyek wisata Ngalau.

Lokasi Berkemah

Untuk menambah keseruan dalam menikmati pemandangan Ngalau, sobat bisa bermalam di sana. Selain menyewa penginapan atau homestay, maka sobat dapat mendirikan tenda.

Berkemah ramai-ramai memberikan keseruan tersendiri. Terlebih lagi di malam hari pemandangannya begitu sangat indah dan menarik.

selamat liburan

 

 

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...