-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Potret Dibalik Keanggunan Kapal Perang Vasa Kapal Perang Ikonik Yang Pernah Ada di Dunia

Piamanexplore-Ini adalah Kapal Perang Vasa (Wasa) milik Swedia yang berbobot 1200 ton tenggelam tahun 1628, ditemukan tahun 1961 dalam keadaan 90% utuh.

Kapal jenis ini dibangun dengan model dan teknologi serupa kapal Anunciada, kapal perang terbesar kepunyaan armada laut Portugis yang sukses menaklukkan Malaka 1511.

Pasca kejatuhan kerajaan Malaka di tangan Portugis itu, Sultan Malaka Mahmud Syah melarikan diri ke Pulau Bintan meminta bantuan kepada Dinasti Ming dan beberapa kerajaan Islam di Nusantara untuk merebut kembali Malaka.

Pati Unus sangat mengerti bahwa kekuatan utama Portugis adalah pada armada lautnya. Portugis memiliki kapal yang kuat, bahkan lebih kuat dibandingkan dengan kapal Majapahit.

Selain itu, Portugis sudah menggunakan meriam yang dipasang di masing-masing kapal di mana pada waktu itu meriam adalah senjata pamungkas yang tidak bisa ditandingi oleh senjata apapun.

Oleh karena itu, langkah pertama Pati Unus adalah menghidupkan kembali kekuatan armada Majapahit yang tertidur lama pada saat masa-masa perebutan kekuasaan (Perang Paregreg).

Kapal-kapal baru tersebut juga dilengkapi dengan Cetbang, yaitu meriam isian belakang (breech loader), di mana kapal dan cetbang juga merupakan kekuatan andalan Armada Majapahit.

Pusat produksi kapal-kapal ini adalah Semarang, dan Jepara, dengan bantuan orang-orang Muslim Tionghoa lokal.

Bagaimana Komentar Kapten Portugis Melihat Kapal Rancangan Pati Unus?

Dalam sebuah surat kepada Alfonso de Albuquerque, dari Cannanore, 22 Februari 1513, Fernão Pires de Andrade, Kapten armada yang menghalau Pati Unus, mengatakan:

Jung milik Pati Unus adalah yang terbesar yang dilihat oleh orang-orang dari daerah ini. Ia membawa seribu orang tentara di kapal, dan Yang Mulia dapat mempercayaiku,

Bahwa itu adalah hal yang sangat luar biasa untuk dilihat, karena Anunciada di dekatnya tidak terlihat seperti sebuah kapal sama sekali.

Kami menyerangnya dengan bombard, tetapi bahkan tembakan yang terbesar tidak menembusnya di bawah garis air, dan (tembakan) esfera (meriam besar Portugis) yang saya miliki di kapal saya berhasil masuk tetapi tidak tembus.

Kapal itu memiliki tiga lapisan logam, yang semuanya lebih dari satu cruzado tebalnya. Dan kapal itu benar-benar sangat mengerikan bahkan tidak ada orang yang pernah melihat sejenisnya.

Butuh waktu tiga tahun untuk membangunnya, Yang Mulia mungkin pernah mendengar cerita di Malaka tentang Pati Unus, yang membuat armada ini untuk menjadi raja Malaka.

-Fernão Pires de Andrade, Cartas, III, hlm. 59

Share This Article :
1745663973787222366

5 Minuman Unik Khas Sumatera Barat Yang Pantas Kamu Coba

gambar info sumbar Piamanexplore- Jika Anda berkunjung ke Sumatera Barat, mencicipi kuliner khas setempat menjadi hal yang wajib dilakukan. ...