-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

dr Zaidul Akbar Ungkap Banyak Manfaat Dari Makanan Khas Sumatera Barat Ini

Melalui sebuah studi penilitan yang dilakukan peniliti asal Jepang mengukapkan bahwa dadih orang sumatera barat menyebutnya dadiah atau susu kerbau di fermentasi memiliki banyak manfaat.

Hal itu diungkapkan oleh dr Zaidul Akbar melalui sebuah ceramahnya. Susu kerbau yang di fermentasi adalah salah satu produk makanan sehat asli Sumatera Barat.

Dadih/Dadiah sendiri merupakan makanan khas Minangkabau. Dimana terbuat dari fermenntasi susu kerbau dengan bentuk mirip dengan yoghurt.

Makanan asal Sumbar ini menggunakan bambu sebagai kemasan/tempatnya serta sudah terkenal di Sumatera Barat.

Menurut  dr Zaidul Akbar,  kandungan pada susu kerbau yang telah difermentasi menjadi dadih memilik efek menghentikan pertumbuhan sel sel karsinogenik.

Dilansir Portalsulut.com melalui akun instagram pribadinya @zaidulakbar, Jumat 8 Juli 2022.

Dr Zaidul Akbar menjelaskan, bakteri baik yang ada dalam produk ini juga memiliki kemampuan mengurangi bakteri patogen yang ada.

Sehingga amat sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, keren kan? dan berbagai manfaat lainnya seperti memperbaiki pencernaan yang ada dalam dadih,” ujar dr Zaidul Akbar.

Bahkan kata dr Zaidul Akbar, jika susu kerbau yang telah diolah menjadi dadih ini dicampur dengan beberapa campuran seperti, gula merah, madu dijadikan sebagi minuman akan sangat baik.
“Dan sebenanrya ini kalau diolah atau custom tastenya misalnya dengan gula aren cair atau madu, dijadikan campuran minuman gitu akan lebih friendly dikonsumsi,”

Sayangnya, menurut dr Zaidul Akbar masih banyak masyarakat yang belum tahu akan kandungan yang terdapat dalam dadih.

Dari segudang manfaat mengkonsumsi dadih, selayaknya kata drZaidul Akbar agar masyarakat diberikan pengetahuan soal makanan asliu dari Sumatera Barat ini.

“Tapi kayaknya masyarakat Sumatera Barat lupa dengan produk sehat ini, jadi bisa dimunculkan dan dikampanyekan minum atau mengkonsumsi dadih ditengah masyarakat karena efek baik atau manfaat yang sangat banyak,” ujarnya.

Ia mengatakan, orang Indonesia khusunya masyarakat Sumatera Barat, seharunya bangga memiliki maknanan khas menyehatkan seperti dadih.

Jika orang Korea bangga dengan kimchi, maka dadih adalah asset makanan yang harus dilestarikan sebagai makanan kesehatan.

“Keren kan, dan bangga dengan produk fermentasi sendiri (dadih). Seperti orang korea yang sangat pede dengan kimchinya,”

“Dan bisa jadi solusi hidup sehat dengan bahan kita sendiri, seru khan, jangan nunggu di klaim orang luar dan akhirnya produk ini terlupakan, sayang kan, ayo minum dadih” ujarnya.

#makanan khas Minang

 

Share This Article :
1745663973787222366

Parkir Rp25.000 Plastik Rp5.000 Akhklak Buruk Juru Parkir Di Mesjid Raya Al- Jabbar Bandung

Piamanexplore- Setelah magrib berangkat dari jatinangor rencana langsung mau ke ciparay.  Berangkat 2 mobil namun di tengah jalan memutuskan...